Antara Benci dan Cinta

gaulislam edisi 603/tahun ke-12 (8 Ramadhan 1440 H/ 13 Mei 2019) Kamu pernah merasakan benci? Kepada siapa dan masalahnya apa? Berapa lama kamu benci? Mengapa bisa benci? Apakah kemudian bisa berubah jadi cinta? Jika tidak bisa berubah jadi cinta, apa penyebab yang menjadi alasannya? Widih, banyak banget pertanyaannya. Kayak wawancara aja, ya. Daftar pertanyaan tadi ...

Bukti Cinta Para Pejuang

 gaulislam edisi 591/tahun ke-12 (13 Jumadil Akhir 1440 H/ 18 Februari 2019) Sobat gaulislam, ngomong-ngomong soal cinta dan para pejuang, kayaknya asyik juga, ya. Berarti kita membahas dua tema sekaligus, yakni tentang cinta dan tentang pejuang. Tetapi dalam buletin kesayangan kamu edisi kali ini, kita rapel bahasnya ya dan ada tambahan kata lain: Bukti Cinta ...

Ingar Bingar Tahun Politik

 gaulislam edisi 585/tahun ke-12 (1 Jumadil Awal 1440 H/ 7 Januari 2019) Hmm… ngomongin politik ya? Remaja dipaksa ngoceh politik ya? Kok bahas politik, sih? Eh, ini kok di awal-awal tulisan udah berderet tiga biji kalimat tanya? (jadi empat dong dengan yang terakhir ini, ya). Sobat gaulislam, nggak usah heran. Mau nggak mau, suka nggak ...

Remaja Tanpa Amarah dan Cinta

 gaulislam edisi 576/tahun ke-12 (27 Shafar 1440 H/ 5 November 2018)   Jujur aja nih, saat menuliskan judul untuk edisi kali ini, inspirasinya adalah dari masa lalu. Lho? Iya. Sekira saya kelas 2 atau kelas 3 SMK (kalo dihitung dari tahun sekarang ya 27 or 28 tahun yang lalu—ih, jadi ketahuan deh usia yang nulis). ...

Ideologi Islam yang Terasingkan

 gaulislam edisi 575/tahun ke-12 (20 Shafar 1440 H/ 29 Oktober 2018)   Saya sih masih berpikir keras kalo ternyata ada orang Islam tapi membenci Islam. Kok bisa, begitu lho. Gimana pun juga, seharusnya seorang muslim itu mencintai Islam. Meski ilmunya minim, tetapi selama ada iman di hatinya, saya masih merasa yakin dia akan tetap mencintai ...

Tundukkan Nafsumu!

gaulislam edisi 398/tahun ke-8 (21 Sya’ban 1436 H/ 8 Juni 2015)   Sobat gaulislam, gimana kabarnya? Wuih, seperinya lagi pada seneng ya? Maklum, udah menjelang liburan panjang. Hehehe.. tapi ingat lho, pekan ini banyak juga di antara kamu yang justru lagi pada ujian kenaikan kelas ya? Fokus ujian dulu, baru deh mikirin liburan. Gimana, siap ...

Jaga Akidahmu, Sobat!

gaulislam edisi 270/tahun ke-6 (11 Safar 1434 H/ 24 Desember 2012)   Indonesia. Yeeeha! Kalau udah ngebahas negeri kita ini emang nggak ada abisnya. Gimana nggak, Indonesia itu kan negara kepulauan terbesar di dunia yang tentunya memiliki suku, bahasa, budaya, adat, bahkan aliran agama yang suangaaat buwanyak. Emang sih, kita semua tahu kalau mayoritas penduduk ...

Jangan Matikan Ramadhan!

gaulislam edisi 198/tahun ke-4 (8 Ramadhan 1432 H/ 8 Agustus 2011)   Siap nggak sih kalo kita ngejalanin puasa di bulan Ramadhan dengan benar dan baik? Siap nggak sih kalo ibadah puasa kita dibarengi dengan amalan-amalan yang lain? Hmm… pastinya sih kudu siap ya. Sayang banget kalo sampe nggak meman-faatkan momen Ramadhan ini. Datangnya sih ...

Mengukur Manfaat Ikhlas

gaulislam edisi 193/tahun ke-4 (2 Sya’ban 1432 H/ 4 Juli 2011)   Bro en Sis, ketemu lagi dengan gaulislam. Edisi pekan ini, pekan  ke-193, sengaja buletin kesayangan kamu ini membahas seputar ikhlas. Tema ini sebenarnya sudah banyak dikupas, tetapi nggak ada salahnya juga kalo kita bahas lagi. Tentu dari sudut yang berbeda tetapi tetap memberi ...

Awas! Terjebak Kebebasan

gaulislam edisi 192/tahun ke-4 (25 Rajab 1432 H/ 27 Juni 2011)   Sejak kecil saya belum merasakan kebebasan yang bebas banget. Selalu ada pagar yang membatasi setiap apa yang akan saya lakukan. Saya memang diberikan kebebasan untuk memilih melakukan sesuatu. Tetapi seringkali ibu saya menyertakannya dengan aturan atau batasan. Sebagai anak kecil waktu itu, saya ...
%d bloggers like this: