Bergaul dengan Islam? 183

gaulislam.com adalah arena bergaul dengan Islam, kata gaul dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “hidup berteman (bersahabat)”.

Hidup berteman dengan Islam adalah kewajiban bagi setiap muslim,

Kalo disimak kalimat di atas kedengarannya aneh, tapi itulah kenyataan saat ini, banyak orang Islam justru tidak berteman dengan Islam itu sendiri, (tanya kenapa?)

Sebagai sahabat tentunya akan mengalami susah dan senang bersama, sesuai dengan sifat dan makna sahabat itu sendiri, di sini kamu akan menemui Islam dari sisi yang mudah dipahami hingga ke hal-hal yang memerlukan perenungan yang mendalam, namun demikian kami akan selalu berusaha untuk mengajak kamu semua bergaul dengan Islam dengan bahasa yang mudah dipahami.

Semoga apa yang kami lakukan ini barokah dan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Salam,

Redaksi gaulislam

183 thoughts on “Bergaul dengan Islam?

  1. Reply anna Jun 27,2009 20:43

    NEVER GIVE UP ,,,,,,,ukhti

  2. Reply syafrizal Jun 30,2009 12:57

    Askum, ustads kalau seseorang itu dalam hukum adatnya ada yang menikah sirih itu bagaimana hukumnya dalam pandangan Islam ?? mohon penjelasan.

  3. Reply uli Jul 13,2009 15:10

    Assalamualaikum wr.wb.
    Alhamdulillah…seneng bgt ada tempat “nongkrong” di internet yg jauh dari yg namanya ghibah tp malah nambah pengetahuan tentang Islam. sukses buat gaul Islam.

  4. Reply Imelda Sep 3,2009 09:26

    hemmmmmmmmmmmm……….
    jangan pacaran………
    itu dosaaaaaaaaaaaaaaaaa…
    pacaran itu ga’ ada untungnya…cuman membicarakan hal2 yang ga’ penting…n’ bisa membawa kita ke dalam jurang kemaksiatan….tz,,,kita bisa jauh dari ALLAH SWT….ini sich berdasarkan pengalaman yang udh pernah aku alami…..
    ga’ enak tuch pacaran…
    enakan ngejomblo….menikmati indahnya kasih sayang n’ cinta yang begitu besar dari ALLAH SWT…………….

  5. Reply azist3 Sep 22,2009 11:49

    aq dah pngin nikah tp ortu aq ga` stju ktnya hrus nunggu k2kq dlu yg nikah gmna yah, aq tkut trjdi zina…………?

  6. Reply khoiriyah Oct 15,2009 10:02

    aslmkm.. aq br gbung nie am gaul islam..salam kenal..
    wslm..

  7. Reply Sadewa Oct 18,2009 05:22

    Assalamualaikum teman aku juga ikut gabung neh salam kenal semua ya semoga kita selalu menjaga silaturahmi amin

  8. Reply mjl 26 oct Oct 26,2009 21:20

    aku pernah pacaran dan sangat menyesalinya dan ingin mengakhirrinya doa kannya semoga aku berhasil !!!

  9. Reply farras Dec 9,2009 10:49

    ass, akhi & ukhti
    aku ingin menjalin silaturrahmi dengan saudara-saudariku dari seluruh indonesia, semoga jalinan ini mendapat ridho dari 4JJI SWT, amiin..
    email-ku farrasrafifahsakhiy@yahoo.co.id

  10. Reply Uzhy Dec 13,2009 11:40

    cInTa

    Dia yang Slalu memberi sMangaT hidup…
    Dia yang menjaDi anigRah hidup….
    tanpanya kiTa Takan bisa meLakuakn sesuatu karena cinta,penyemangat seseorang,,,,,Cinta kepada pendidikan,Cinta Ilmu,cinta harta,Cinta lawan jenis,Dan Cinta aLLah yang suLit kita Raih!!!

    ya aLLah jadikan cInta hidup ku kaRena mu,,,,,
    jadikan cinta ilmu ku ibadah ku,,,
    Dan beRikan cinta suci mu untuk Qu….
    diKala Cinta itu datang jadikanlah dia penyemangat hidup Qu tuk dapat lebih mendekatkan diRi ini padamu….
    Cinta

  11. Reply TO2K hARIYANTO Mar 9,2010 20:02

    pacaran si boleh…. tapi jangan kelewatan, emang si pacaran enak. Tapi jangan lupa dengan yang atas

  12. Reply einn Jun 11,2010 19:17

    Salam.

    gimana yah? klu cowok suka sma cwek ngjak nikah ya dlihat biasa2 aja. Tapi klu cewek yg ngajak nikah k cwok yg dsukai malu deh~ apa lgi knal2 bgitu aja.

  13. Reply jamil Jun 13,2010 16:06

    jomblo itu pilihan,bukan takdir………….

  14. Reply mawhad Jul 20,2010 15:25

    pacaran…….mendekati zina…… zaman sekarang mah pergaulan udah makin bebas…….astaghfirulloh

  15. Reply shofa jauhara farida Aug 8,2010 12:09

    aq pngin skolah d al=azhar! tp blum cakap brbhasa arab. biaya jg pas2an. apa ad jlan msuk atau problem solvigx? dr dlu q pgin skolah dsna.

    smga ad jlan tuk kuliah dsna.
    utlubul ilma walau bsshin….!!!

  16. Reply TQR Sep 3,2010 20:45

    Gaul itu berpikiran terbuka, namun tetap mempunyai prinsip yang ia pegang teguh …

  17. Reply wildha Nov 28,2010 08:43

    I LOVE ALLAH N rasul-Nya
    akk cindtha IsLammmm

  18. Reply Afiq Dec 14,2010 10:35

    alhamdulillah luar biasa Allahu akbar!!!!!!!!!!

  19. Reply zakaria zaki Dec 23,2010 12:22

    kepada ibu yang tercinta….

    Ibu terkadang aku merenung ketika ibu menggendongku 9 bulan dlm rahimmu

    sakit merintih terkadang tertatih-tatih dengan sabar penuh kasih

    Ibu terkadang aku merenung ketika ibu melahirkan aku

    derasnya keringat dan darah bercucur serta tangisan sakit bercampur rindu

    Ibu terkadang aku merenung ketika aku masih bayi lucu

    engkau menyusuiku tanpa lelah terkadang mengganggu tidurmu

    Ibu terkadang aku merenung ketika aku sudah sekolah dasar

    engkaulah yg selalu menjemputku,engkaulah yg selalu membuatku tuk belajar

    Ibu terkadang aku merenung ketika engkau membanting tulang

    pagi,siang dan terkadang malam tuk sesuap nasi yang kumakan terkadang engkau lapar

    Ibu terkadang aku merenung ketika engkau menyembunyikan kesedihanmu

    tuk menjaga sebuah senyumku

    Ibu terkadang aku merenung ketika aku tidur pulas dimalam hari

    engkau bangun bertahajud dan berdoa menangis untuk sebuah kesuksesanku

    Ibu terkadang aku merenung ketika aku bersedih engkau yang memelukku

    engkau yg menghiburku tapi ketika engkau bersedih engkau bersembunyi dariku

    Ibu terkadang aku merenung dan menangis ketika ibu sakit sendiri dirumah

    sedang aku bercanda bersama teman-teman dan tdk tahu keadaan ibu

    Ibu terkadang aku merenung dan menangis ketika ibu sedih

    sedang aku tertawa bersama teman-teman dan tdk tahu keadaan ibu

    Ibu terkadang aku merenung dan menangis bahwa ibu pasti bakal meninggalkanku

    meninggalkanku tuk selamanya..sedang aku masih belum berbakti kepadamu

    Ibu terkadang aku merenung dan menangis ketika ibu nanti di alam kubur

    sedang aku bermaksiat…pasti ibu bakal akan disiksa karena ulahku

    oh…ibu..ibu…ibu namamu tiga kali disebut oleh Rasulullah sungguh Agung namamu

    Ibu tahukah engkau ridhomu adalah ridhonya Allah

    sedang Murkamu adalah murkanya Allah…

    ibu Aku ingin ridhomu dan aku tak ingin dimurkai engkau

    Ibu aku buat surat ini dengan cucuran airmata dan rindu akan cintamu

    dari Anakmu yg tercinta…………….

  20. Reply zakaria zaki Dec 23,2010 12:24

    JERITAN HATI WANITA YANG PATAH HATI

    KETIKA CINTA SUDAH TIDAK MENGENAL SUKA

    TERBUKA SUDAH LEMBARAN-LEMBARAN DUKA

    HATI MERONTA-RONTA TAPI TAK BERDAYA

    HANYA TANGISAN HATI YANG BERSUARA

    LUKA YANG TERCIPTA,TINGGALKAN DERITA

    SEMUA CITA DAN CINTA PUPUS MENJADI CERITA

    MUTIARA PUTIH SUDAH MEREDUP TAK BERCAHAYA

    TINGGALKAN RINDU MENYESALI DOSA

    SUNGGUH BODOHNYA AKU YANG TERTIPU DENGAN LAKI2 TAMPAN

    MENAKLUKKAN HATIKU DENGAN SERIBU RAYUAN

    HINGGA CINTA BUTA YG KU PERSEMBAHKAN

    DENGAN TUJUAN CINTA HARGA DIRI KUBERIKAN

    SEKARANG AKU DIAM DENGAN RENUNGAN PENYESALAN

    CINTA YANG KUBERIKAN SEHARUSNYA SETELAH PERNIKAHAN

    BODOHNYA DIRIKU…DENGAN MENJADIKAN DUNIA SEBUAH TUJUAN

    SEHARUSNYA CINTA DENGAN SYARIAT ISLAM ADALAH SEBUAH PEDOMAN

    WAHAI MUSLIMAH…MASIHKAH KAMU DENGAN PACARAN?

    WAHAI MUSLIMAH…MASIHKAH KAMU TERBUAI DENGAN RAYUAN SETAN?

    WAHAI MUSLIMAH…BERKATA CINTA TIDAK HARUS MELALUI KEMAKSIATAN

    WAHAI MUSLIMAH…DIMANA KOMITMEN KAMU TERHADAP PERINGATAN2 ROBB KALIAN

    WAHAI MUSLIMAH…SUDAHKAH KAMU PAHAM ISI AL-QURAN?

    WAHAI MUSLIMAH…APAKAH AJAL MENJEMPUTMU DENGAN BERPAMITAN?

    WAHAI MUSLIMAH..APAKAH AYAT-AYAT TENTANG NERAKA BELUM KAMU DENGARKAN?

    WAHAI MUSLIMAH…APAKAH ENGKAU JUAL MURAH SEBUAH KESUCIAN?

    WAHAI SAUDARIKU INI ADALAH BENTUK CINTAKU KEPADA KALIAN

    AMBILAH SEBUAH HIKMAH DAN PELAJARAN DARI APA YG KU NASEHATKAN

    BERTAUBATKU MENUJU SEBUAH CINTA YANG DIANJURKAN

    MENDAMBAKAN PRIA SHOLIH DENGAN SBUAH RUMAH TANGGA BERIMAN

    YAITU RUMAH TANGGA YANG MAWADDAH WA RAHMAH MENJADI TUJUAN

    DAN ALQ & ASSUNNAH ADALAH SEKUAT-KUAT PEDOMAN

  21. Reply susilawati Mar 1,2011 14:03

    assalamu’alaikum……..

    salam kenal …. memang sangat sulit untuk menjalani ini semua karena banyak tantangannya juga tapi asalkan kita yakin dengan apa yang kita jalani insyaallah.

    SY JUGA SEKARANG INI SEDANG ADA SUATU KOMPLIK TENTANG MASALAH ITU…………………………..

    subhanaallah begitu dahsyatnya buayan keindahan duniawi dengan penuh iming-iming

    semoga kita semua dilindungi allah ………………………… amin

  22. Reply reza Apr 26,2011 11:33

    ass……..??????

    sebenarnya pacaran dalam islam itu boleh nggak sihhh???
    mkasih sblm ny,,

    wss..

    Engga boleh pacaran dalam islam, silahkan merujuk ke berbagai artikel GI
    Redaksi GI

  23. Reply nia Aug 24,2011 10:57

    situs ini bagus. sangat mengingatkan kita bahwa kita adalah seorang muslim…..

  24. Reply Dhiah Sep 4,2011 20:36

    Assalamu ‘alaikum… sekarang zaman dah bebas banget yak? pacaran di mana2… yg tak pacaran dibilang aneh,sok alim,etc… gimana biar eksis tidak terjerumus ke dalam perbuatan zina atau kalemnya disebut pacaran? yaa, jangan pake acara pacaran aja deh ya! saya bersyukur belum pernah pacaran… yg dah pernah pacaran ‘n sekarang tidak lagi atawa ada yang belum pacaran, alhamdulillah,yaa… semoga kita tetap di bawah naungan perlindunganNYA… amiin… :) wassalamu ‘alaikum…

  25. Reply sarah Oct 4,2011 22:48

    alhamdulilah saya sudah bergaul dengan islam…
    islam itu mnjadikan kita untuk sllu mengingat allah.
    tp saya msih sering mengobrol2 yg tak penting sama lawan jenis. bagaimana ya cara menghilangkannya.

  26. Reply sarah Oct 4,2011 22:50

    saya perhatikan pergaulan anak-anak d zaman sekarang. kususnya teman-teman saya… mereka lbh mementingkan kebahagiaan dunia saja, semntara bribadah mereka mangabaikannya.

  27. Reply Endang suryaningsihsuryaningsih Oct 10,2011 14:39

    Pergaulan mengenang masa kuliyah dengan pertemuan pindah-pindah dari rumah makan satu pindah ke tempat yg lain, padahal semuanya sudah berstatus suami/istri, datang dipertemuan tanpa mengajak keluarga masing-masing. bagaimana menurut pandangan islam, mohon sarannya

    • Reply abu fikri Mar 26,2012 10:24

      Tergantung dr tujuan dan niatnya ke rumah makan, kalo niat-nya cuma mo makan bersama ya tidak ada masalah, kalo ada niatan lain, pastikan niatan tsb tidak menyimpang dari aturan syariat.

  28. Reply Muhammad Rafiq Oct 21,2011 07:10

    assalamualaikum,
    akhir” ni byk manusia yang lalai dalam melaksankan ibadah,, ntah itu sholat, zakat dsb,
    dan mudah”-an kita tidak termasuk kreteria org spt itu.

  29. Reply ummu mujahid Nov 3,2011 21:49

    islam itu rahmatan lil alamin so remja sekarang yuk kita wujudkan islam sebagai rahmatan lil alamin.dengan menggunakan islam sebagai jalan hidup kita dengan cara kita amalkan semua yang ada dalam al qur’an dan hadist.dan terus menegakan islam dan menjalankan semua syariatnya.
    ALLAHU AKBAR

  30. Reply jenny Dec 9,2011 16:04

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.,
    Saya suka baca GI, kalo anak SD kelas 5-6, kira2 udah pantes belom ya baca GI ? Trims infonya, saya tunggu jawabannya . Wassalam…

    Pantes2 aja, karena perkembangan anak tidak bisa di standard-kan dengan jenjang pendidikan-nya, tentunya tidak semua topik akan dengan mudah dipahami, karena keterbatasan ini, perlu guru/orang tua pembimbing.

    Nuhun,
    Abu Fikiri

  31. Reply oktaselvia Apr 2,2014 20:02

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh … :)

  32. Reply jeklin syabab Aug 14,2014 06:09

    assalamualaikum
    tulisan keren2,nhi juga menjdikan bhan dakwah bagi saya untuk teman2q dan org2 dsekitarq. sukses trus buat gaulislam


    ‘alaikumussalam
    Terima atas komentarnya. Semoga tulisan2 gaulislam bisa memberikan pencerahan dan wawasan yg bermanfaat bagi para remaja. Dalam dakwah kita bisa bekerjasama dlm kebaikan. Terima kasih sdh menyebarkan gaulislam.
    Redaksi gaulislam

Leave a Reply

%d bloggers like this: