Monday, 27 May 2024, 01:17

Assalaamu’alaikum wr wb

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan sederhana bila sewaktu-waktu terjadi masalah. Berikut adalah beberapa masalah yang kerap muncul pada kulkas dan penyebabnya:

  1. Kulkas tidak menyala. Periksa apakah sambungan listriknya longgar atau listrik padam.
  2. Kulkas tidak dingin. Hal ini bisa disebabkan berbagai hal, coba periksa pengatur suhu apakah sudah distel pada posisi yang diinginkan; kulkas terlalu dekat ke dinding sehingga mengganggu sirkulasi udara mesin; kulkas terlalu dekat dengan sumber panas; suhu di sekitarnya sedang panas; terlalu sering membuka kulkas; terlalu banyak makanan yang disimpan (over-loaded); atau freon sudah habis.
  3. Kulkas mengeluarkan bunyi tidak normal. Periksa apakah posisi kulkas miring atau ada benda yang mengganjal di bagian belakang kulkas.
  4. Kulkas bau. Penyebab bau bisa berasal dari makanan dan minuman berbau menyengat atau sudah busuk. Keluarkan makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi dan bungkus rapat-rapat makanan berbau tajam.
  5. Permukaan kabinet berembun. Pastikan pintu kulkas sudah tertutup rapat. Selain itu, embun bisa disebabkan tingkat kelembaban yang tinggi.
  6. Kulkas tidak berfungsi total. Bila terjadi kerusakan parah, segera hubungi petugas servis yang ditunjuk produsen kulkas dan manfaatkan kartu garansi yang masih berlaku. Jangan mengutak-atik mesin kulkas tanpa keahlian memadai.

Selamat mencoba ya.. [ariandi]

3 thoughts on “Cek Sendiri Gangguan Pada Kulkas

  1. kulkas saya toshiba 2 pintu, memang kulkas lama
    sudah beberapa bulan ini utk freezer dingin, tapi tidak dapat membekukan makanan, dan bagian bawah sama sekali tidak dingin.
    mohon penjelasan kemungkinan masalah pada kulkas tsb

    terimakasih,
    wassalam.

    semmy

Comments are closed.