Kafir

gaulislam edisi 593/tahun ke-12 (27 Jumadil Akhir 1440 H/ 4 Maret 2019) Saya pengen nulis judul yang singkat, ah. Kayak gini. Semoga saja nggak bikin kamu bingung, ya. Istilah ini bagi kita kaum muslimin udah nggak asing lagi. Apalagi kalo setiap shalat yang dibaca adalah surah al-Kafirun. Udah biasa sebetulnya. Setiap agama punya klaim kebenaran ...

Hari Gini Masih Rayain Tahun Baru?

 gaulislam edisi 584/tahun ke-12 (24 Rabiul Akhir 1440 H/ 31 Desember 2018) Assalaamu’alaikum, Bro en Sis! Apa kabar semuanya? InsyaaAllah senantiasa dalam kasih sayang Allah, ya. Nggak terasa, nih, kita udah sampai lagi di penghujung tahun. Bener, deh. Tahun 2018 tiba-tiba udah mau habis aja. Siap-siap #2019GantiKalender ya, hihihi… Pertama-tama, tentu saja kita harus mengucapkan ...

Perayaan Tahun Baru Itu Gaje!

gaulislam edisi 375/tahun ke-8 (7 Rabiul Awwal 1436 H/ 29 Desember 2014)   Hai sobat gaulislam, malam tahun baru ini mau ke mana? Belum punya rencana? Gini deh, kalo kamu udah punya rencana, atau belum punya rencana tapi pengen ngerayain tahun baru, sebaiknya kamu baca gaulislam edisi ini dulu deh. Biar temen-temen ngerti gimana sejarah ...

“Aku Muslim, Kamu?”

gaulislam edisi 374/tahun ke-8 (30 Safar 1436 H/ 22 Desember 2014)   Sobat gaulislam, biasanya menjelang akhir tahun kaum muslimin disibukkan dengan hal-hal berkaitan dengan momen perayaan agama lain, khususnya umat Kristen, yakni perayaan natal dan juga perayaan tahun baru masehi. Mengapa jadi disibukkan? Ya, sejak awal Desember pro-kontra terhadap masalah ini runyam dan selalu ...

Agamamu Bukan Agamaku

gaulislam edisi 322/tahun ke-7 (20 Safar 1435 H/ 23 Desember 2013) Dear sobat gaulislam, bertahun-tahun hidup di Indonesia dengan muslim sebagai mayoritas penduduk sebenarnya membuat saya ‘kagum’ karena di bulan Desember yang belum juga nyampe tanggal 25 udah penuh dengan nuansa hari raya Natal. Lihat aja tayangan-tayangan tv udah mulai siap dengan film-film bernuansa Natal. ...

Ngaku Muslim Kok Liberal?

gaulislam edisi 182/tahun ke-4 (14 Jumadil Awwal 1432 H/ 18 April 2011) Sebagai muslim, sudah sepantasnya berpikiran, berperasaan, berperilaku yang mencirikan pribadi seorang muslim. Lagian, ngapain juga ada definisi dan istilah berbeda jika ciri-cirinya sama pada semua hal yang sudah dibedakan. Maka, ketika ada istilah muslim (termasuk mukmin), fasik, munafik, dan bahkan musyrik dan kafir, ...

“Natal Bersama dan Misi Kristen”

Oleh: Dr. Adian Husaini Pada 27 Desember 2009, saya sempat menonton acara Perayaan Natal Bersama melalui TVRI. Acara itu seperti sudah dianggap sebagai ritual tahunan kenegaraan. Biasanya pejabat tinggi banyak yang diundang. Malam itu, Presiden SBY juga datang. Ada juga Wapres Boediono, dan sejumlah pejabat tinggi negara lainnya. Menyimak rangkaian acaranya, Perayaan Natal Bersama itu ...
%d bloggers like this: