Asyik Ramadhan Lagi

 gaulislam edisi 247/tahun ke-5 (26 Sya’ban 1433 H/ 16 Juli 2012)   Dear pecinta gaulislam.  Alhamdulillah ya Ramadhan dateng lagi! Seru abis niiih!  Aih, kok bisa gembira banget gini ya begitu menjelang Ramadhan? Padahal, gue yakin ada nih yang begitu menjelang Ramadhan serasa ngadepin hari Senin –makanya ada ungkapan “I Hate Monday”- tapi berhubung muslim, ...

Euro 2012, Suriah, dan Rohingya

  gaulislam edisi 243/tahun ke-5 (28 Rajab 1433 H/ 18 Juni 2012)   Gemerlap pesta Piala Eropa 2012 menyihir banyak orang, khususnya yang senang dengan sepak bola. Saya sendiri, memang suka nonton pertandingan sepak bola di televisi, itu pun kalo waktunya agak luang. Kalo penuh padat ya, wasalam deh. Cukup nonton siaran beritanya di televisi, itu ...

Ujian Nasional dan Produk Gagal Kapitalisme

 gaulislam edisi 234/tahun ke-5 (24 Jumadal Uulaa 1433 H/ 16 April 2012)   Hari ini, 2,5 juta murid SMA dan SMK mengikuti Ujian Nasional. “Totalnya 2.580.446. Laki-laki 1.281.022 dan Perempuan 1.299.420,” ujar Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan (Mendikbud), M. Nuh, dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (12/4/2012) lalu (detik.com/16/04/2012) Detik.com juga melaporkan bahwa menurut ...

Kepada Para Aktivis Dakwah

gaulislam edisi 220/tahun ke-5 (15 Shafar 1433 H/ 9 Januari 2012) Ba’da salam dan tahmid. Bro en Sis yang insya Allah dimuliakan Dzat yang Mahamulia, saya berharap semoga kalian semua berada dalam lindungan Allah Ta’ala. Senantiasa bersyukur dan bersabar atas segala yang telah diberikanNya kepada kita. Kita yang lemah dan tak berdaya, meski hanya untuk ...

Tak Ada Kebebasan Beragama!

gaulislam edisi 218/tahun ke-5 (1 Shafar 1433 H/ 26 Desember 2011) Wedew, tema gaulislam pekan ini ‘serem’ banget (bagi yang menganggapnya demikian, dan sekadar tema biasa aja bagi yang memiliki anggapan sebaliknya). Okelah itu bukan soal tema serem or tema manis. Judul ini memang terinspirasi dari kondisi saat ini, di mana orang bebas memeluk agama ...

Jangan Ada Lesbian di Sekitar Kita

gaulislam edisi 215/tahun ke-5 (9 Muharram 1433 H/ 5 Desember 2011)   Waduh, fenomena menyukai sesama jenis makin marak di kalangan remaja. Bukan hanya di mancanegara, tapi juga merambah Indonesia yang katanya penduduknya mayoritas muslim ini. Kaum Hawa yang fitrah dirinya pemalu juga telah terjangkit penyakit masyarakat yang membahayakan tersebut. Bila dulunya suka sejenis didominasi ...

Saatnya Kebangkitan Islam!

gaulislam edisi 214/tahun ke-5 (2 Muharram 1433 H/ 28 November 2011) Apa kabar remaja muslim di tahun 1433 H? Sudah merasa jadi muslim atau belum? Sudah bergerak untuk membuat perubahan yang berarti atau enak dengan gaya lama? Masih senang hidup dalam kondisi sekularisme menggerayangi setiap sudut kehidupan kita seperti sekarang ini dari tahun ke tahun ...

“Black Metal”, Musik Setan?

gaulislam edisi 212/tahun ke-5 (18 Dzulhijjah 1432 H/ 14 November 2011)   Seorang guru yang sekolahnya langganan gaulislam mengirim pesan singkat ke nomor ponsel saya. Isinya saya copy paste apa adanya saja supaya lebih ‘alami’ ya. Hehehe.. Mau tahu pesannya? Begini: Salam..Kang, sy lg bingung sXgus Greget.. Ada slh 1 murid pr sy yg skrng ...

Ramadhan Bulan Perjuangan

gaulislam edisi 200/tahun ke-4 (22 Ramadhan 1432 H/ 22 Agustus 2011) Bro en Sis, saya sengaja menulis repost alias menerbitkan ulang tulisan saya di jaman dulu (tahun 2001), waktu saya jadi editor Buletin Remaja STUDIA, sebelum buletin itu dibubarkan karena alasan tertentu. Tujuannya, kebetulan momennya aja pas. Namun saya ubah sedikit judulnya dan menambah atau ...

Tak Putus Dicekik Konflik

gaulislam edisi 196/tahun ke-4 (23 Sya’ban 1432 H/ 25 Juli 2011)   Ampun dah negeri kita ini, tak putus dicekik konflik dan tak reda dirundung sengsara. Sejak sebelum kemerdekaan, ketika jaman awal-awal kemerdekaan, hingga jaman kiwari. Konflik selalu ada dan tetap menjadi bagian dari hidup hampir seluruh rakyat negeri ini. Jaman penjajahan nenek moyang kita ...
%d bloggers like this: