Merdeka Tak Merdeka

gaulislam edisi 721/tahun ke-14 (8 Muharram 1443 H/ 16 Agustus 2021) Hmm… semoga kamu ngerti maksud penulisan judul ini. Sekilas sih mungkin akan membingungkan bagi kalangan tertentu. Namun, kalo mau dipikirkan sejenak sih, insya Allah nggak bikin bingung, tetapi tambah bingung. Eh, nggak, ding. Kalo kamu cerdas, insya Allah paham, deh. Yup, maksudnya dikatakan merdeka ...

Balada Korban PPKM

gaulislam edisi 717/tahun ke-14 (9 Dzulhijjah 1442 H/ 19 Juli 2021) Sehari menjelang Idul Adha 1442 H, yang memang biasanya kadung identik dengan qurban (selain tentunya juga identik dengan ibadah haji), kita bahas juga tema yang dekat dengan qurban. Namun, karena ada momen PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) terkait menyebarnya Covid-19, maka kita juga akan ...

Kita dan Ulama

gaulislam edisi 691/tahun ke-14 (5 Jumadil Akhir 1442 H/ 18 Januari 2021) Tanggal 14 Januari 2021 lalu, Syekh Ali Jaber wafat. Banyak orang kehilangan, bukan saja keluarganya, tetapi juga para jamaah beliau, bahkan kaum muslimin secara umum. Beliau sering mendakwahkan tentang al-Quran. Pentingnya kaum muslimin selalu bersama al-Quran. Ulama yang hafal al-Quran ini sangat populer ...

Ngaku Muslim Tapi Benci Islam

gaulislam edisi 665/tahun ke-13 (29 Dzulqaidah 1441 H/ 20 Juli 2020) Sebenarnya udah lama pengen nulis tema ini, tetapi nggak jadi-jadi aja. Baru deh, sekarang kesampaian nulis ini. Bukan tema spesial sih. Namun, perlu dibahas juga di zaman kiwari ini. Sebab, kalo yang benci ajaran Islam, pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup, ...

Perang Abadi Antar Ideologi

gaulislamedisi 661/tahun ke-13 (1 Dzulqaidah 1441 H/ 22 Juni 2020) Aduuuuh serasa diguyur air panas (sori, lebay!). Dari edisi ke edisi temanya bikin panas ubun-ubun. Eit, sabar dulu Bro en Sis. Jangan keburu nepsong, ye. Kamu kudu belajar realistis menghadapi kenyataan hidup. Jangan ngerasa kudu nyantai akibat terlalu lama stay at home, lalu menjadi generasi rebahan ...

Plandemic, Sebuah Konspirasi?

gaulislam edisi 659/tahun ke-13 (16 Syawal 1441 H/ 8 Juni 2020) Aduuuh temanya, lagi-lagi, berat bingitz! Hehehe… berat mana dengan bawa pasir sekarung ukuran 50 kg? Hadeuuh… sama-sama berat cuma beda kondisi. Kalo bawa karung mah berat secara fisik, kalo judul ini, kemungkinan bikin mumet pikiran. Eit, tetapi tenang aja sih. Ini belum berat banget, ...

Mengislamkan Negara

gaulislam edisi 658/tahun ke-13 (9 Syawal 1441 H/1 Juni 2020) Duh, ini judul beneran kayak gini? Bener, Bro en Sis. Kamu nggak sedang ngimpi. Kamu nyadar. Kamu juga nggak salah baca. Emang judulnya gitu, kok. Hmm.. emang berat ya? Nggak juga sih. Tergantung sudut pandang aja. Zaman sekarang udah biasa. Daripada di dunia maya, bikin ...

Awas Kena Corona!

gaulislam edisi 648/tahun ke-13 (28 Rajab 1441 H/ 23 Maret 2020) Judul buletin kesayangan kita kali ini sekadar merekam ingatan saja. Kalimat itu sering muncul di media sosial. Bikin takut dan malah ada yang panik nggak jelas. Tulisan ini melanjutkan edisi pekan kemarin yang membahas tentang Corona yang kian merajalela yang dihubungkan dengan ibadah agar ...

Corona Merajalela, Ibadah Jangan Melemah

gaulislam edisi 647/tahun ke-13 (21 Rajab 1441 H/ 16 Maret 2020) Sudah lebih dari tiga bulan sejak dilaporkan kasus pertama pasien yang terinfeksi virus corona. Saya membaca tulisan dr Makhyan Jibril A MSc MBiomed yang diimuat di kumparan.com (14/3). Isinya ini. Dunia telah dihebohkan oleh pandemi dari infeksi Coronavirus COVID19. Sampai hari ini 14 Maret ...

Anomali di Negeri Ini

gaulislam edisi 632/tahun ke-13 (5 Rabiul Akhir 1441 H/ 2 Desember 2019) Banyak keanehan di negeri ini. Kalo bener malah jadi disalahkan atau bener justru dianggap salah, jelas itu aneh banget, kan? Sebaliknya, yang salah ternyata jadi benar atau salah dianggap benar. Tentu saja, aneh juga, kan? Nah, anomali itu apa, sih? Begini. Menurut Kamus ...
%d bloggers like this: