Dekatlah dengan al-Quran

gaulislam edisi 756/tahun ke-15 (17 Ramadhan 1443 H/ 18 April 2022) Kalo deketan itu biasanya jadi tahu, jadi paham, jadi cinta. Ketika kita berteman dengan seseorang, maka kita akan berusaha mendekatinya, lalu bisa tahu tentang dia, bisa memahami apa yang dia mau, bisa percaya, dan bisa tumbuh rasa cinta. Begitu biasanya. Walau, tentu ada batasan ...

Salah Kaprah Sedekah

gaulislam edisi 755/tahun ke-15 (10 Ramadhan 1443 H/ 11 April 2022) Sedekah itu kudu ikhlas. Tanpa ada maksud tersembunyi, apalagi demi keuntungan pribadi. Ikhlas tanpa pamrih. Nggak boleh juga seseorang dipaksa kudu sedekah. Itu sebabnya, edukasi agar orang mau sedekah jelas diperlukan. Namun, jangan juga kemudian ‘menghipnotis’ atau bikin malu orang yang diminta sedekah. Jangan ...

Sesal Tiada Guna

gaulislam edisi 754/tahun ke-15 (3 Ramadhan 1443 H/ 4 April 2022) Pernah tertinggal kereta atau pesawat? Celakanya, itu karena sebenarnya udah bisa diprediksi, tetapi kita nyantai atau ada urusan dengan pihak ketiga sehingga kejadiannya bikin nyesel. Namun, penyesalan pada kondisi kayak gitu, nggak ada artinya alias sia-sia bin tiada guna. Kereta tetap berjalan meninggalkan kita yang ...

Ramadhan Sebentar Lagi

gaulislam edisi 753/tahun ke-15 (25 Sya’ban 1443 H/ 28 Maret 2022) Kalo kita lagi nunggu seseorang yang kita sayangi setelah sekian lama tak jumpa, biasanya harap-harap cemas, kadang deg-degan juga. Selain tentunya merasa bahagia dan bergembira ingin menuntaskan rindu. Ingin rasanya terus bersamanya, selamanya. Meski sebenarnya kita tahu juga, bahwa ada perjumpaan, biasanya memang ada ...

Terang atau Gelap?

gaulislam edisi 752/tahun ke-15 (18 Sya’ban 1443 H/ 21 Maret 2022) Semua pilihan ada di tangan kita. Namun, harus diingat bahwa pilihan tersebut ada konsekuensinya. Pilih terang atau gelap? Eh, ini pertanyaannya untuk apa sih, konteksnya apa? O iya. Belum jelas, ya. Ini konteksnya tentang kehidupan, bisa juga tentang ilmu. Hidup di zaman kegelapan (jahiliyah), ...

Kaya Tapi Sengsara

gaulislam edisi 751/tahun ke-15 (11 Sya’ban 1443 H/ 14 Maret 2022) Apa enaknya ya, punya kekayaan tetapi hati nggak tenang. Punya banyak harta benda, tetapi pikiran dikejar rasa takut. Awalnya, bisa jadi senang bersuka cita, bahkan foya-foya, tetapi akhirnya masuk penjara. Awalnya berasa jadi sultan, eh ujungnya dijebloskan ke rutan. Kalo gitu, kaya model gimana ...

Rusia, Ukraina, Israel, Palestina

gaulislam edisi 750/tahun ke-15 (4 Sya’ban 1443 H/ 7 Maret 2022) Ini bukan sekadar daftar nama negara, lho. Apalagi khusus ditulis dalam judul untuk buletin edisi pekan ini. Ya, mumpung lagi jadi buah bibir tentang serangan Rusia ke Ukraina, negara pecahan Uni Soviet (Uni Republik Soviet Sosialis). Banyak motif sih mengapa Rusia menyerang Ukraina. Silakan kamu ...

Umat Islam Hari Ini

gaulislam edisi 749/tahun ke-15 (27 Rajab 1443 H/ 28 Februari 2022) Ini tentang kondisi kita, kaum muslimin. Termasuk kamu para remaja muslim. Suka atau duka, kitalah hari ini. Hari di mana kita harus mengakui apa yang menjadi ‘nasib’ kita. Apa adanya aja, sih. Why? Supaya kita bisa memperbaiki keadaan ini. Bukan malah “kapalang jeblog” alias ...

Saatnya Jangan Ngalah

gaulislam edisi 748/tahun ke-15 (20 Rajab 1443 H/ 21 Februari 2022) Ada pepatah yang cukup masyhur ketika menghadapi orang yang bodoh tapi sok tahu en ngotot pula, “yang waras ngalah”. Intinya, kalo menghadapi orang yang bodoh, seperti ngadepin orang nggak waras. Jadi, supaya nggak jadi ribut, ya udah yang waras ngalah alias mengalah. Nggak apa-apa, ...

Valentine’s Day Unfaedah

gaulislam edisi 747/tahun ke-15 (13 Rajab 1443 H/ 14 Februari 2022) Kalo dibilangin nggak berfaedah ya memang nggak, sih. Malah, maksiat sebenarnya. Kok bisa? Jangan pura-pura nggak tahu. Eh, sori, siapa tahu emang kamu ada yang belum tahu, ya. Jadi begini. Valentine’s Day itu bukan budaya Islam. Ngapain juga dirayakan. Nggak ada gunanya juga disambut ...
%d bloggers like this: