Kaya Tapi Sengsara

gaulislam edisi 751/tahun ke-15 (11 Sya’ban 1443 H/ 14 Maret 2022) Apa enaknya ya, punya kekayaan tetapi hati nggak tenang. Punya banyak harta benda, tetapi pikiran dikejar rasa takut. Awalnya, bisa jadi senang bersuka cita, bahkan foya-foya, tetapi akhirnya masuk penjara. Awalnya berasa jadi sultan, eh ujungnya dijebloskan ke rutan. Kalo gitu, kaya model gimana ...

Rusia, Ukraina, Israel, Palestina

gaulislam edisi 750/tahun ke-15 (4 Sya’ban 1443 H/ 7 Maret 2022) Ini bukan sekadar daftar nama negara, lho. Apalagi khusus ditulis dalam judul untuk buletin edisi pekan ini. Ya, mumpung lagi jadi buah bibir tentang serangan Rusia ke Ukraina, negara pecahan Uni Soviet (Uni Republik Soviet Sosialis). Banyak motif sih mengapa Rusia menyerang Ukraina. Silakan kamu ...

Umat Islam Hari Ini

gaulislam edisi 749/tahun ke-15 (27 Rajab 1443 H/ 28 Februari 2022) Ini tentang kondisi kita, kaum muslimin. Termasuk kamu para remaja muslim. Suka atau duka, kitalah hari ini. Hari di mana kita harus mengakui apa yang menjadi ‘nasib’ kita. Apa adanya aja, sih. Why? Supaya kita bisa memperbaiki keadaan ini. Bukan malah “kapalang jeblog” alias ...

Saatnya Jangan Ngalah

gaulislam edisi 748/tahun ke-15 (20 Rajab 1443 H/ 21 Februari 2022) Ada pepatah yang cukup masyhur ketika menghadapi orang yang bodoh tapi sok tahu en ngotot pula, “yang waras ngalah”. Intinya, kalo menghadapi orang yang bodoh, seperti ngadepin orang nggak waras. Jadi, supaya nggak jadi ribut, ya udah yang waras ngalah alias mengalah. Nggak apa-apa, ...

Valentine’s Day Unfaedah

gaulislam edisi 747/tahun ke-15 (13 Rajab 1443 H/ 14 Februari 2022) Kalo dibilangin nggak berfaedah ya memang nggak, sih. Malah, maksiat sebenarnya. Kok bisa? Jangan pura-pura nggak tahu. Eh, sori, siapa tahu emang kamu ada yang belum tahu, ya. Jadi begini. Valentine’s Day itu bukan budaya Islam. Ngapain juga dirayakan. Nggak ada gunanya juga disambut ...

Jualan Terorisme

gaulislam edisi 746/tahun ke-15 (6 Rajab 1443 H/ 7 Februari 2022) Masih laku juga ya jualannya? Ya, gimana lagi, ini yang sepertinya paling mudah dijual. Namun sayangnya, yang menjadi bidikan dalam kasus terorisme di negeri ini adalah umat Islam. Selalu begitu. Targetnya sih, meski terjadi pro dan kontra di kalangan umat Islam, setidaknya citra buruk ...

Transgender Keblinger

gaulislam edisi 745/tahun ke-15 (28 Jumadal Akhir 1443 H/ 31 Januari 2022) Ribut-ribut soal transgender. Pro dan kontra. Ada yang berwasiat kalo dia wafat prosesi memandikan jenazahnya adalah kondisi dia setelah ganti kelamin. Ada ulama yang menanggapi, ya harusnya prosesi pengurusan jenazahnya disesuaikan dengan sebelum operasi ganti kelamin. Kamu perlu tahu juga soal ini, ya. ...

Ashabiyah Itu Jahiliyah

gaulislam edisi 744/tahun ke-15 (21 Jumadal Akhir 1443 H/ 24 Januari 2022) Masih rame sih saling ledek bahkan saling serang dan saling lapor ke pihak berwenang. Iya, gara-gara kesukuan. Bagaimana awalnya bisa begitu? Awalnya saya coba-coba, habis itu lha kok enak (eh, kata-kata ini mah yang sempat viral di Tiktok dan Reel IG, ya?) Hahaha… ...

Merajut Asa yang Terkoyak

gaulislam edisi 743/tahun ke-15 (14 Jumadal Akhir 1443 H/ 17 Januari 2022) Apaan sih kok tiba-tiba judulnya kayak gini? Kesannya menderita banget, ya. Melow gitu deh. Kamu nggak salah kalo ada yang protes soal judulnya. Ini sengaja menulis judulnya demikian untuk buletin edisi kali ini. Hmm.. jujur aja deh. Ini tentang mereka yang putus pacaran. ...

Dibelenggu “Setan Gepeng”

gaulislam edisi 742/tahun ke-15 (7 Jumadal Akhir 1443 H/ 10 Januari 2022) Istilah ini saya pernah baca (atau dengar?) di media sosial. Entah siapa yang memulai pertama kalinya penyebutan istilah ini yang merujuk kepada penggunaan handphone yang lebih banyak mudharat-nya. Ya, bentuk ponsel atau smartphone ini memang gepeng. Sehingga ketika pemiliknya tidak menjadikan benda ini ...
%d bloggers like this: