Merindukan Ulama Pejuang

gaulislam edisi 683/tahun ke-14 (8 Rabiul Akhir 1442 H/ 23 November 2020) Seorang ustaz berpesan kepada kami, bahwa jangan puas hanya menjadi penuntut ilmu yang ilmunya hanya itu-itu saja. Beliau berpesan, jadilah ulama. Menjadi ustaz atau guru, adalah pijakan awal saja. Terus belajar dan berharap kepada Allah agar dijadikan ulama. Begitu pesan beliau menyemangati kami. ...

Fokus Berjuang, Sobat!

gaulislam edisi 682/tahun ke-14 (1 Rabiul Akhir 1442 H/ 16 November 2020) Sebagai muslim, jujur sih bangga dan senang banget saat melihat begitu banyaknya massa penjembut Habib Rizieq Shihab. Mereka berjubel dan memenuhi jalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Selasa, 10 November 2020 lalu. Luar biasa. Mencetak sejarah, begitu obrolan di medsos. Beberapa orang memprediksi ada ratusan ...

Macron Musuh Muslim

gaulislam edisi 680/tahun ke-14 (16 Rabiul Awwal 1442 H/ 2 November 2020) Jadi pengen ikutan nulis deh, soal gonjang-ganjing di Eropa sono (tepatnya di Perancis), yang getarannya sampe ke negeri kita dan negeri lainnya, khususnya negeri-negeri muslim. Kamu udah ngeh juga ya persoalannya. Eh, apa, belum tahu? Waduh, jangan kudet gitu dong. Pernah denger Mercon, ...

Sepanjang Jalan Dakwah

gaulislam edisi 676/tahun ke-13 (17 Shafar 1442 H/ 5 Oktober 2020) Nggak terasa ya, edisi pekan ini, adalah tayangan pekan yang ke-676, karena buletin ini nonstop terbit rutin setiap hari Senin sejak 29 Oktober 2007. Alhamdulillah, itu artinya sudah 13 tahun buletin ini menenami kamu semua mengenal dan belajar seputar permasalahan remaja dan solusinya menurut ...

Tak Putus Dirundung Fitnah

gaulislam edisi 673/tahun ke-13 (26 Muharram 1442 H/ 14 September 2020) Udah viral tuh penusukan Syekh Ali Jaber yang dilakukan seorang pria di Bandarlampung kemarin (Ahad, 13 September 2020). Meski lukanya tak fatal, tetapi kejadian tersebut patut menjadi perhatian kita semua. Iya, kok bisa ada orang melakukan hal sedemikian, menyerang seseorang yang sedang mengisi acara ...

Radikal Bukan Kriminal

gaulislam edisi 672/tahun ke-13 (19 Muharram 1442 H/ 7 September 2020) Hadeuuh kirain udah basi, eh masih juga dibahas, termasuk di buletin ini. Eh, kalo dibahas di buletin ini sih sekadar merespon aja, bukan sengaja membahas masalah radikal radikul gitu. Hehehe.. sori, sama aja, ya. Intinya membahas juga. Oke deh, nggak udah diperpanjang apalagi sampai ...

Galau? Ngaji Aja!

gaulislam edisi 671/tahun ke-13 (12 Muharram 1442 H/ 31 Agustus 2020) Bro en Sis rahimakumullah, kamu mestinya tahu ya bedanya orang yang berilmu dengan orang yang bodoh. Ya, kalo orang yang berilmu mestinya dia tahu benar dan salah. Tahu juga baik dan buruk. Bisa memilah mana yang terpuji dan mana yang tercela. Termasuk tahu betul ...

Muharram dan Kebangkitan Islam

gaulislam edisi 670/tahun ke-13 (5 Muharram 1442 H/ 24 Agustus 2020) Alhamdulillah, sudah di bulan Muharram lagi. Tahunnya sudah berubah. Kemarin masih 1441 H, sekarang jadi 1442 H. Usia kamu dan kita semua juga ikutan tambah angkanya. Walau, tentu saja jatah umur kita di dunia jadi berkurang dari yang telah ditetapkan Allah Ta’ala. Itu artinya, ...

Masa Kegemilangan Islam

gaulislam edisi 668/tahun ke-13 (20 Dzulhijjah 1441 H/ 10 Agustus 2020) Kapan masa kegemilangan Islam itu? Saat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam memimpin umat ini. Berhasil menjadikan Madinah sebagai pusat kekuasaan dan kekuatan umat. Sepeninggal beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, kepemimpin dilanjutkan oleh para khulafa ar-Rasyidin. Tercatat yang menjadi khalifah adalah Abu Bakar ash-Shiddiq radhiallahu ...

Ngaku Muslim Tapi Benci Islam

gaulislam edisi 665/tahun ke-13 (29 Dzulqaidah 1441 H/ 20 Juli 2020) Sebenarnya udah lama pengen nulis tema ini, tetapi nggak jadi-jadi aja. Baru deh, sekarang kesampaian nulis ini. Bukan tema spesial sih. Namun, perlu dibahas juga di zaman kiwari ini. Sebab, kalo yang benci ajaran Islam, pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup, ...
%d bloggers like this: