Berkarya Bersama Komunitas Remaja

gaulislam edisi 566/tahun ke-11 (16 Dzulhijjah 1439 H/ 27 Agustus 2018)   Remaja zaman now kayaknya enak banget ya untuk urusan ngumpul-ngumpul bareng teman sebaya satu hobi. Bisa milih sarana untuk mengekspresikan diri sesuai hobi. Ada yang senang naek sepeda, komunitasnya ada. Seneng jalan-jalan alias touring pake sepeda motor, bejibun juga komunitasnya. Ada yang hobinya ...

Jilbab, Cadar, dan Instagram

gaulislam edisi 544/tahun ke-11 (8 Rajab 1439 H/ 26 Maret 2018)   Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Masih semangat kan buat belajar Islam lebih luas? Harus dong! Saya aja udah semangat duluan, nih. Buktinya aja awal-awal udah heboh nyapanya. Hehehe… Biarin! Oke, di edisi kali ini, kita akan bahas tentang jilbab dan cadar ...

Sosmed, Nikmat atau Kiamat?

gaulislam edisi 360/tahun ke-7 (20 Dzhulqa’idah 1435 H/ 15 September 2014) Hari gini, siapa yang belum mengenal jejaring sosial? Hmm.. hampir seluruh masyarakat Indonesia maupun luar Indonesia yang melek teknologi komunikasi, pasti memiliki jejaring sosial. Seperti; Facebook, Twitter, Instagram, Path, Snapchat, Ask.fm, dan lain sebagainya. Menurut data yang saya kutip dari sebuah situs berita (kompas.com), ...

Get Real, Bro!

gaulislam edisi 211/tahun ke-5 (11 Dzulhijjah 1432 H/ 7 November 2011)   Hari gini masih maen FB dan twitteran? Masih suka galau? Atau malah pengen nyiptain “sesuatu” dalam hidup kamu? Sebenernya masih banyak seabrek pertanyan lain yang bakal kagak ada habisnya ditulis di sini. Banyak organisasi/orang yang dianggap (atau lebih tepatnya “merasa”) sukses dengan menerapkan ...

“Mangan ora Mangan”, Facebook!

gaulislam edisi 141/tahun ke-3 (23 Rajab 1431 H/ 5 Juli 2010) Budayawan Umar Kayam pernah nulis buku, “Mangan ora Mangan Kumpul”. Ini memang diambil dari kultur masyarakat Jawa secara umum di masa lalu, bahwa makan tidak makan yang penting ngumpul. Artinya, dalam kondisi apapun, baik susah maupun senang tetap kumpul bersama keluarga. Makan itu simbol ...

Hitam-Putih Facebook

gaulislam edisi 122/tahun ke-3 (8 Rabiul Awal 1431 H/22 Februari 2010) Setelah kasus heboh Nova-Ari yang mengaku mereka suka sama suka melakukan hubungan badan, Facebook kian disorot. Khususnya sisi negatifnya. Ya, melalui perantaraan situs jejaring sosial inilah Nova dan Ari bertemu dan sekaligus dilanjutkan berkencan di dunia nyata. Nggak hanya kasus Nova-Ari, berikutnya muncul kasus ...
%d bloggers like this: