Terang atau Gelap?

gaulislam edisi 752/tahun ke-15 (18 Sya’ban 1443 H/ 21 Maret 2022) Semua pilihan ada di tangan kita. Namun, harus diingat bahwa pilihan tersebut ada konsekuensinya. Pilih terang atau gelap? Eh, ini pertanyaannya untuk apa sih, konteksnya apa? O iya. Belum jelas, ya. Ini konteksnya tentang kehidupan, bisa juga tentang ilmu. Hidup di zaman kegelapan (jahiliyah), ...

Transgender Keblinger

gaulislam edisi 745/tahun ke-15 (28 Jumadal Akhir 1443 H/ 31 Januari 2022) Ribut-ribut soal transgender. Pro dan kontra. Ada yang berwasiat kalo dia wafat prosesi memandikan jenazahnya adalah kondisi dia setelah ganti kelamin. Ada ulama yang menanggapi, ya harusnya prosesi pengurusan jenazahnya disesuaikan dengan sebelum operasi ganti kelamin. Kamu perlu tahu juga soal ini, ya. ...

Akidah Labil? Nggak Banget!

gaulislam edisi 613/tahun ke-12 (19 Dzulqo’dah 1440 H/ 22 Juli 2019) Bro en Sis, siapa di antara kamu yang masih labil? Ayo ngaku! Hehehe. Biasanya anak remaja nih yang suka labil. Sering gaje, nggak jelas. Gampang berubah kondisi hati, pikiran atau tingkah lakunya. Suka tetiba sensi, galau atau marah yang kadang tanpa alasan. Pernah ngalamin, ...

Kafir

gaulislam edisi 593/tahun ke-12 (27 Jumadil Akhir 1440 H/ 4 Maret 2019) Saya pengen nulis judul yang singkat, ah. Kayak gini. Semoga saja nggak bikin kamu bingung, ya. Istilah ini bagi kita kaum muslimin udah nggak asing lagi. Apalagi kalo setiap shalat yang dibaca adalah surah al-Kafirun. Udah biasa sebetulnya. Setiap agama punya klaim kebenaran ...

Maksiat Halangi Hidayah?

 gaulislam edisi 532/tahun ke-11 (13 Rabiul Akhir 1439 H/ 1 Januari 2018)   Bisa jadi! “Lho, terus aku harus bagaimana?” Harus bertaubat dan tinggalkan maksiat! “Tapi aku belum siap!” Bro, kematian itu akan datang, tidak peduli apakah kamu siap atau nggak menghadapinya. Masalahnya lagi, kita nggak tahu kapan kematian itu datang. Itu sebabnya, kita memang ...

Remaja Cerdas Bertakwa

gaulislam edisi 502/tahun ke-10 (10 Ramadhan 1438 H/ 5 Juni 2017)   Setiap orang senang jika bisa cerdas atau minimal disebut cerdas (walau faktanya nggak). Istilah cerdas hampir semua orang tahu. Secara sederhana cerdas biasa dipahami sebagai istilah untuk menunjukkan kepandaian atau kepintaran seseorang. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), sempurna perkembangan akal budinya (untuk ...

Bro, Kamu Sehat?

gaulislam edisi 480/tahun ke-10 (3 Rabiul Akhir 1438 H/ 2 Januari 2017)   Hehehe bukan mau nge-buly or ngeledekin kamu, lho. Ini sekadar menyindir. Ih, sama aja dong? Emang! Tapi kamu udah tahu kan istilah “sehat” ini? Iya. Sebagian besar pastinya tahu, yakni lawan dari sakit. Lebih lengkapnya, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), se·hat ...

Menjemput Hidayah

gaulislam edisi 117/tahun ke-3 (3 Safar 1431 H/18 Januari 2010) Horee bertemu lagi dengan kamu semua. Alhamdulillah kita tetap bersama meski hanya dijembatani buletin kesayangan kamu ini. Kalo pekan kemarin gaulislam bahas tentang tobat, maka sekarang semacam lanjutannya: menjemput hidayah. Ya, mudah-mudahan bisa melengkapi pemahaman kamu sebelumnya dan kamu semua jadi tambah wawasan tentang Islam. ...

Akhir Petualanganku

Sejak perceraian orangtuaku, aku tumbuh lebih banyak di luar rumah. Aku menikmati dunia dengan teman-temanku. Hidup ini terlalu sakit bagiku. Lukaku mungkin telah sembuh, tapi aku pasti tak akan lupa pada sakitnya. Aku masih kelas 3 SD ketika orangtuaku bercerai. Belum tahu apa pun tentang masalah orangtua. Jangankan itu, aku masih asyik bermain tanpa beban. ...

Blast From The Past for Wiwid

By: Iwan Januar Punya masa lalu yang kelam bin suram itu nggak enak. Takut ada yang ngungkit-ngungkit, atau keungkit sendiri (dongkrak kalee!). Soalnya itu kan aib bo! Siapa yang jamin nggak bakal terungkap. Itu juga yang dialamin sama Wiwid. Anak rohis urusan logistik cewek bin akhwat ini punya aib di masa lalu – tapi kamu ...
%d bloggers like this: