Islam Pasti Menang

gaulislam edisi 722/tahun ke-14 (15 Muharram 1443 H/ 23 Agustus 2021) Kalo klub sepak bola yang kamu kagumi menang, tentunya senang banget, ya. Bahkan kalo pun kalah saat bertanding, tetap memberikan dukungan. Itulah pendukung sejati. Begitu kira-kira. Nah, kalo dalam sepak bola aja ada pendukung sejati, maka pendukung Islam mestinya ya mukmin sejati. Apalagi Islam ...

Berpikir Positif, Deh!

gaulislam edisi 714/tahun ke-14 (18 Dzulqa’dah 1442 H/ 28 Juni 2021) Kalo zaman sekarang sih, mendengar kata “positif” langsung nyesek bin kaget dan bikin takut. Iya, pas dibilang, “kamu positif covid-19”. Waduh, pada ogah dah. Kagak ada yang mau, pengennya pas dites, ya negatif. Eh, tapi secara umum emang tergantung konteks juga, ya. Tanya dulu ...

Terbaik, Bukan Terbalik

gaulislam edisi 710/tahun ke-14 (19 Syawal 1442 H/ 31 Mei 2021) Kalo ada kata “terbalik” kok jadi inget sinetron komedi yang udah tayang sejak empat tahun lalu itu: Dunia Terbalik. Eh, tapi ini nggak bakalan ngomongin sinetron itu, kok. Nggak. Subtansinya mungkin mirip, sih. Jadi, tulisan ini sekadar ingin menceritakan bahwa banyak hal di dunia ...

Jangan Mempersulit Diri

gaulislam edisi 709/tahun ke-14 (12 Syawal 1442 H/ 24 Mei 2021) Bro en Sis rahimakumullah, akhir-akhir ini kalo diperhatikan di media sosial, kok sepertinya banyak orang yang malah mempersulit dirinya. Lho kok? Iya, hidup yang seharusnya dijalani dengan nikmat dan penuh rasa syukur, tetapi ternyata ada juga yang malah menjalaninya dengan cara mempersulit diri. Contoh ...

Tragedi Ramadhan 1442

gaulislam edisi 707/tahun ke-14 (28 Ramadhan 1442 H/ 10 Mei 2021) Sedih. Iya, ini kata pertama mengawali pembahasan di buletin gaulislam edisi pekan ini. Gimana nggak sedih, beberapa peristiwa bikin kita sebagai umat Islam kesal, tetapi memang harus bersabar. Kesal karena tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan perlawanan atau sekadar menuliskan pembelaan. Sabar, selain karena ...

Teroris Pesanan?

gaulislam edisi 706/tahun ke-14 (21 Ramadhan 1442 H/ 3 Mei 2021) Kamu jangan kaget dulu dengan judul ini, ya. Nggak apa-apa sih, sesekali kita bahas yang berat-berat. Oya, karena pekan ini udah masuk sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, tadinya mau bahas seputar i’tikaf. Tapi dipikir-pikir kok ada tema yang penting juga. Sempat kepikiran mau ...

Ramadhan Kesekian

gaulislam edisi 703/tahun ke-14 (29 Sya’ban 1442 H/ 12 April 2021) Alhamdulillah, edisi yang terbit pekan ini adalah pas di akhir bulan Sya’ban 1442 H. Esok, udah 1 Ramadhan 1442 H. Semoga kita bisa menikmati keberkahan Ramadhan, dan memanfaatkannya dengan mengerjakan berbagai amal shalih selama sebulan penuh. Ini kesempatan yang nggak boleh dilewatkan, Bro en ...

Islam, Media Sosial, dan Kaum Muslimin

gaulislam edisi 702/tahun ke-14 (22 Sya’ban 1442 H/ 5 April 2021) Duh, judulnya panjang bener. Iya, soalnya bakal banyak menuliskan dari berbagai aspek. Eh, nggak juga, sih. Sesuai judul aja, ya. Ada tiga bahasan: Islam, medsos, dan kaum muslimin. Walau tentu nggak semua bisa terbahas dengan detil, tetapi setidaknya sebagai sarana introspeksi saja. Sejauh mana ...

Harapan Itu Masih Ada

gaulislam edisi 701/tahun ke-14 (15 Sya’ban 1442 H/ 29 Maret 2021) Eh, kok jadi inget lirik nasyidnya Shoutul Harokah ya pas bikin judul untuk buletin kesayangan kita ini. Ada yang tahu? Atau malah nggak ada yang tahu nasyid itu? Ya, itu bagian dari satu lirik nasyid Bangkitlah Negeriku. Semoga ada yang inget. Namun, kalo nggak ...

“Kritik Aku, Kau Kutangkap!”

gaulislam edisi 695/tahun ke-14 (3 Rajab 1442 H/ 15 Februari 2021) Aduh, judul edisi pekan ini kok jadi malah mengingatkan pada film jadul (tahun 1985), “Kejarlah Daku Kau Kutangkap”. Idih, ketahuan udah udzur nih yang nulis. Hehe… nggak juga sih. Tahun segitu, saya baru kelas 5 SD. Cuma, karena acara FFI alias Festival Film Indonesia ...
%d bloggers like this: