Jejak Dakwah 10 Tahun Sudah

gaulislam edisi 521/tahun ke-11 (26 Muharram 1439 H/ 16 Oktober 2017)   Sobat gaulislam, alhamdulillah jumpa lagi di pekan ini. Kamu pasti nunggu-nunggu, kan? Yup, nggak terasa edisi ini adalah edisi perdana di tahun penerbitan yang ke-11. Ini edisi yang ke-521. Itu artinya sudah sepuluh tahun buletin ini menemani kamu semua belajar Islam tanpa henti. ...

Ukhuwah Islamiyah? Kini…

gaulislam edisi 517/tahun ke-10 (27 Dzulhijjah 1438 H/ 18 September 2017)     Sobat gaulislam, pernahkah kamu mendengar kata ukhuwah islamiyah? Bagi yang belum, ukhuwah islamiyah itu artinya persaudaraan Islam. Kata dasarnya diambil dari Bahasa Arab, akh, yang artinya saudara. Allah Ta’ala berfirman, yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang mukmin bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan ...

Genosida di Rohingya

gaulislam edisi 515/tahun ke-10 (13 Dzulhijjah 1438 H/ 4 September 2017)   Kaum muslimin di Rohingya kembali berduka. Kita juga sepantasnya berduka sebagai sesama saudara seiman. Seperti yang udah diberitakan banyak media massa, bahwa menjelang Idul Adha pekan kemarin, tepatnya pada 25 Agustus 2017 berkecamuk kembali kerusuhan dan akhirnya kejadian pada 2012 silam terulang. Kaum ...

Saling Mengingatkan Demi Kebersamaan

gaulislam edisi 514/tahun ke-10 (6 Dzulhijjah 1438 H/ 28 Agustus 2017)     Sobat gaulislam, dalam sebuah komunitas atau organisasi sangat diperlukan komunikasi. Komunikasi antara anggota komunitas atau organisasi dibangun untuk saling memberikan masukan berupa saran dan kritik. Hasilnya akan dievaluasi untuk kemudian dibuat program. Jika bagus, akan dibuat program utuk mempertahankannya, bahkan bila memungkin ...

Anak dan Kenakalan Orangtua

gaulislam edisi 511/tahun ke-10 (14 Dzulqa’dah 1438 H/ 7 Agustus 2017)   Waduh! Emang ada ortu yang nakal ya? Kalo di cerita Pendekar Pemanah Rajawali sih ada, namanya Ciu Pek Tong (dikenal sebagai Bocah Tua Nakal), salah satu gurunya Kwee Ceng. Jiahaha, itu sih dalam cerita fiksi, dong (lagian kurang nyambung dengan tema ini, hehe..). ...

Cyberbullying Lebih Berbahaya!

gaulislam edisi 510/tahun ke-10 (7 Dzulqa’dah 1438 H/ 31 Juli 2017)   Entah kenapa banyak orang sering banget ngejailin, ngisengin, atau malah mem-bully orang lain (ada yang bernada candaan, nggak sedikit yang berirama kebencian). Di dunia nyata getol, eh di dunia maya juga pol. Bener-bener deh. Apa mereka nggak mikirin dampaknya ya? Eh, jangan-jangan kita ...

Keyakinan Bukan Warisan

gaulislam edisi 509/tahun ke-10 (30 Syawwal 1438 H/ 24 Juli 2017)     Sobat gaulislam, masih ingat sama Afi Nihaya, kan? Ini bukan maksud nginget-nginget lagi. Tetapi ini sekadar mencoba ikutan bahas walau udah lama telatnya. Hehehe… (eh, bukan soal basi atau nggak lho, tapi ini sekadar menambah perbendaharaan wawasan aja biar makin banyak yang ...

Jadilah Remaja Berdaya!

gaulislam edisi 508/tahun ke-10 (23 Syawwal 1438 H/ 17 Juli 2017)   Sobat muda pembaca gaulislam, kalo kamu cermati, menurut kamu, berapa banyak sih kira-kira remaja yang ngerokok? Kalo menurut pengamatan saya, jawabannya adalah nggak sedikit. Nggak hanya remaja cowok, bahkan remaja cewek pun ada. Parahnya, nggak cuma remaja, bahkan anak SD ada pula yang ...

Berbohong Membunuhmu!

gaulislam edisi 507/tahun ke-10 (16 Syawwal 1438 H/ 10 Juli 2017)   Widih! Bro en Sis, judul gaulislam kali ini kok serem banget, ya? Berbohong membunuhmu! Kalau penulis, sih, seketika langsung teringat tentang kata-kata yang ada di bawah bungkus rokok itu, loh. Eh, tapi apakah berbohong itu memang bisa membunuh seseorang? Ataukah itu hanya sekadar ...

Kau Adalah Teroris yang Lain

gaulislam edisi 506/tahun ke-10 (9 Syawwal 1438 H/ 3 Juli 2017)   Lagi rame nih, video yang konon kabarnya jadi jawara di Police Movie Festival IV 2017, judulnya: “Kau Adalah Aku yang Lain”. Film pendek ini menuai kontroversi tersebab isinya yang memuat pesan permusuhan kepada kaum muslimin. Ada fitnah yang sengaja dihunjamkan dalam isi film ...
%d bloggers like this: