Akidah Labil? Nggak Banget!

gaulislam edisi 613/tahun ke-12 (19 Dzulqo’dah 1440 H/ 22 Juli 2019) Bro en Sis, siapa di antara kamu yang masih labil? Ayo ngaku! Hehehe. Biasanya anak remaja nih yang suka labil. Sering gaje, nggak jelas. Gampang berubah kondisi hati, pikiran atau tingkah lakunya. Suka tetiba sensi, galau atau marah yang kadang tanpa alasan. Pernah ngalamin, ...

Hilangnya Rasa Malu

gaulislam edisi 611/tahun ke-12 (5 Dzulqo’dah 1440 H/ 8 Juli 2019) Saat ini banyak orang yang tanpa rasa malu berbuat maksiat. Mereka cuek aja melakukan pelanggaran syariat, bahkan di depan orang banyak. Kalo di depan orang berani maksiat, maka ketika sendirian besar kemungkinan akan lebih berani bermaksiat. Kok bisa begitu? Iya, mestinya orang yang masih ...

Islam Bukan Mainan

gaulislam edisi 610/tahun ke-12 (28 Syawal 1440 H/ 1 Juli 2019) Silakan cari di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), apa arti dari “mainan”. Nah, kalo ditulis begini, berarti yang jadi barang mainan ini adalah Islam. Subhanallah. Ini sih ngawur banget kalo ada orang yang menjadikan Islam sebagai barang mainan untuk tujuan apa pun. Bahaya! Sobat ...

Kuliah atau Kerja?

gaulislam edisi 609/tahun ke-12 (21 Syawal 1440 H/ 24 Juni 2019) Assalaamualaikum sobat gaulislam. Gimana nih yang udah lulus dari masa-masa SMA/SMK? Udah siap menghadapi dunia yang keras dan kejam? Hehehe… nggak juga sih ya. Nah, ngomongin tentang lulus nih, kamu udah ada rencana ke depan setelah ini? Mau lanjut kuliah di mana atau berencana ...

Antara Benci dan Cinta

gaulislam edisi 603/tahun ke-12 (8 Ramadhan 1440 H/ 13 Mei 2019) Kamu pernah merasakan benci? Kepada siapa dan masalahnya apa? Berapa lama kamu benci? Mengapa bisa benci? Apakah kemudian bisa berubah jadi cinta? Jika tidak bisa berubah jadi cinta, apa penyebab yang menjadi alasannya? Widih, banyak banget pertanyaannya. Kayak wawancara aja, ya. Daftar pertanyaan tadi ...

Pemilu, Kejujuran, dan Demokrasi

gaulislam edisi 600/tahun ke-12 (17 Sya’ban 1440 H/ 22 April 2019) Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Pilpres dan Pileg 2019 usai Rabu pekan kemarin (17 April). Harapan banyak orang sih, tensi politik udahan deh, reda lagi. Eh, nggak tahunya masih tetep aja panas. Sebab, ada kondisi yang memungkinkan untuk tetap panas. Mulai dari ...

Audrey Bukan yang Pertama dan Terakhir

gaulislam edisi 599/tahun ke-12 (10 Sya’ban 1440 H/ 15 April 2019) Assalaamu’alaikum, Bro en Sis. Bagi kamu yang aktif berselancar di media sosial, nih, rasanya jendela internet di negeri kita ini kebanjiran berita-berita menghebohkan, ya. Mulai dari berita politik, entertaiment, dan juga tentu saja hashtag-hashtag yang memancing kontroversi. Wah… susah buat fokus nih, jadinya. Well… ...

April Mop Tradisi Jahiliyah

gaulislam edisi 597/tahun ke-12 (25 Rajab 1440 H/ 1 April 2019) Ada yang was-was dengan bulan April? Selain Ujian Nasional (UN) tingkat SMA tahun ini ya, Bro en Sis (hehehe…). Mungkin untuk sebagian orang ada yang tidak mengharapkan datangnya bulan April, kenapa? Karena ada 1 hari dimana mereka akan dijadikan sebagai bahan lelucon. Yup, April ...

Brenton Tarrant, Islamofobia, dan Terorisme

gaulislam edisi 595/tahun ke-12 (11 Rajab 1440 H/ 18 Maret 2019) Kaget! Kesal! Marah! Sedih! Wah, semua campur aduk di hati dan pikiran begitu dapat kabar adanya penembakan terhadap kaum muslimin saat hendak shalat Jumat. Kabar itu saya dapatkan pertama kali di salah satu grup WhatsApp yang saya ikuti. Penasaran, akhirnya saya browsing di internet. ...

Bersyukurlah, Sobat!

gaulislam edisi 594/tahun ke-12 (4 Rajab 1440 H/ 11 Maret 2019) Assalaamu’alaikum, sobat gaulislam rahimakumullah. Kabarnya gimana, nih? Insyaa Allah baik-baik ajalah, ya. Tetap bersyukur kepada Allah atas apa pun yang diberikan oleh-Nya untuk kita. By the way, guys, udah pada tahu belum syukur itu apa? Bilang ‘Alhamdulillah?’. Uhm, yup! Cuma bersyukur itu nggak sebatas ...
%d bloggers like this: