Merdeka! Merdeka?

gaulislam edisi 669/tahun ke-13 (27 Dzulhijjah 1441 H/ 17 Agustus 2020) Kayaknya banyak orang yang tahu definisi semu. Ya, semu itu tampak seperti asli atau sebenarnya, padahal sama sekali bukan yang asli atau sebenarnya. Nah, ini yang akan kita bahas. Mumpung momennya pas. Hari ini adalah peringatan hari kemerdekaan negeri kita dari penjajah. Diproklamasikan pada ...

Masa Kegemilangan Islam

gaulislam edisi 668/tahun ke-13 (20 Dzulhijjah 1441 H/ 10 Agustus 2020) Kapan masa kegemilangan Islam itu? Saat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam memimpin umat ini. Berhasil menjadikan Madinah sebagai pusat kekuasaan dan kekuatan umat. Sepeninggal beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, kepemimpin dilanjutkan oleh para khulafa ar-Rasyidin. Tercatat yang menjadi khalifah adalah Abu Bakar ash-Shiddiq radhiallahu ...

Ngaku Muslim Tapi Benci Islam

gaulislam edisi 665/tahun ke-13 (29 Dzulqaidah 1441 H/ 20 Juli 2020) Sebenarnya udah lama pengen nulis tema ini, tetapi nggak jadi-jadi aja. Baru deh, sekarang kesampaian nulis ini. Bukan tema spesial sih. Namun, perlu dibahas juga di zaman kiwari ini. Sebab, kalo yang benci ajaran Islam, pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup, ...

Biar Jomblo Asal Selamat

gaulislam edisi 664/tahun ke-13 (22 Dzulqaidah 1441 H/ 13 Juli 2020) Hadeuuuh jadi juga bahas tentang jomblo. Iya nih, masih layak jadi tema pembahasan. Selama masih ada yang pacaran, masih ada juga yang menjomblo, nggak sedikit juga yang udah ngabuburit alias ngajak buru-buru merit. Masih bagus yang ngajak merit (baca: marriage) alias nikah, daripada ngajak ...

Baru Hijrah, Boleh Dakwah

gaulislam edisi 663/tahun ke-13 (15 Dzulqaidah 1441 H/ 6 Juli 2020) Kalo ada orang yang baru masuk Islam, langsung berdakwah, itu bagus. Kalo ada orang yang baru hijrah dari kehidupan yang jauh dari hidayah Allah, boleh saja berdakwah. Tentu, menyesuaikan dengan ilmu yang dimiliki. Siapa bilang kalo dakwah harus punya banyak ilmu dulu. Nggak sih. ...

New Normal Bersama Islam

gaulislam edisi 660/tahun ke-13 (23 Syawal 1441 H/ 15 Juni 2020) Kayaknya kamu udah pada tahu ya istilah “new normal”? Yup, karena sejak akhir Mei lalu sudah digembar-gemborkan oleh pemerintah bahwa pandemi covid-19 akan memasuki suatu kondisi normal, hanya saja normal yang baru, new normal. Maksudnya, hidup normal setelah sebelumnya nggak normal karena pandemi: isolasi ...

Plandemic, Sebuah Konspirasi?

gaulislam edisi 659/tahun ke-13 (16 Syawal 1441 H/ 8 Juni 2020) Aduuuh temanya, lagi-lagi, berat bingitz! Hehehe… berat mana dengan bawa pasir sekarung ukuran 50 kg? Hadeuuh… sama-sama berat cuma beda kondisi. Kalo bawa karung mah berat secara fisik, kalo judul ini, kemungkinan bikin mumet pikiran. Eit, tetapi tenang aja sih. Ini belum berat banget, ...

Yuk, Raih Pahala di Lailatul Qadar

gaulislam edisi 655/tahun ke-13 (18 Ramadhan 1441 H/ 11 Mei 2020) Nggak terasa ya, pekan ini udah menjelang 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Nanti malam, insya Allah malam ke-19. Rasanya baru kemarin buka shaum pertama, eh, sore nanti adalah buka shaum hari ke-18. Semoga shaum kita semua (dan juga ibadah lainnya) diterima oleh Allah Ta’ala, ...

Ramadhan Bulan al-Quran

gaulislam edisi 654/tahun ke-13 (11 Ramadhan 1441 H/ 4 Mei 2020) Memasuki 10 hari kedua bulan Ramadhan. Alhamdulillah. Gimana, Bro en Sis, masih semangat puasanya? Mudah-mudahan, yaa. Semoga semakin mendekati tengah Ramadhan, semakin semangat menjalani ibadah puasa juga ibadah-ibadah lainnya juga ya. Aamiin. InsyaaAllah! Mungkin kamu banyak yang merasakan juga, bahwa bulan Ramadhan adalah bulan ...

Mumpung Ramadhan, Yuk Jadi Shalih!

gaulislam edisi 653/tahun ke-13 (4 Ramadhan 1441 H/ 27 April 2020) Sobat gaulislam, alhamdulillah hari ini—saat buletin kesayangan kamu ini terbit—sudah hari ke-4 di bulan Ramadhan. Semoga amal shalih kita di bulan mulia ini diterima oleh Allah Ta’ala sebagai pemberat timbangan kebaikan di yaumil hisab nanti. Insya Allah. Kita patut bersyukur bisa menikmati bulan Ramadhan. ...
%d bloggers like this: