Jejak Ramadhan Tak Membekas

gaulislam edisi 303/tahun ke-6 (5 Syawal 1434 H/ 12 Agustus 2013) Bro en Sis rahimakumullah, gimana kabar kamu semuanya? Semoga di hari ke-5 bulan Syawal ini (ketika buletin gaulislam terbit) kamu tetap beriman, istiqomah bersama Islam, dan tentu saja mendapat perlindungan Allah Ta’ala. Aamiin. Semoga seluruh kaum muslimin juga demikian ya, Bro en Sis. Hmm… ...

Sampai Jumpa Lagi, Ramadhan!

gaulislam edisi 302/tahun ke-6 (27 Ramadhan 1434 H/ 5 Agustus 2013) Sobat gaulislam, tanpa terasa kita telah berada di penghujung bulan penuh berkah ini, bulan Ramadhan. Ya, tak terasa memang. Dulu, begitu menapaki hari pertama Ramadhan, mungkin sempat terbersit di benak bahwa waktu satu bulan pasti akan terasa begitu lama. Apalagi dalam kondisi lapar dan ...

Ngulik Kegiatan di Akhir Ramadhan

gaulislam edisi 301/tahun ke-6 (20 Ramadhan 1434 H/ 29 Juli 2013)   Wah, nggak terasa ya, Ramadhan akan segera berakhir (saat buletin kesayanganmu ini terbit—29 Juli 2013, Ramadhan udah di hari ke-20). Orang-orang sudah mulai disibukkan dengan aktivitas menyambut lebaran. Ada yang sibuk bikin kue, ‘maraton’ cari baju lebaran, ada yang udah mudik, merenovasi rumah ...

‘Mencuri’ Perhatian Allah Ta’ala

gaulislam edisi 294/tahun ke-6 (1 Sya’ban 1434 H/ 10 Juni 2013)   Kalo dengan sang inceran kita biasa nyari-nyari perhatian, bisa curi pandang kalo kebetulan si dia ada di kelas, kenapa dengan Allah tidak bisa? Kalo dengan si dia yang udah mencairkan dinding es yang selama ini kita bangun, kita bisa begitu getol menjaga penampilan ...

Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?

 gaulislam edisi 259/tahun ke-5 (22 Dzulqaidah 1433 H/ 8 Oktober 2012)   Sobat muda muslim, umur kamu sekarang berapa? Sudah baligh belum? Hehehe… pertanyaannya aneh ya? Apakah kamu tahu arti baligh? Waduh, kalo belum tahu atau lupa, perlu belajar lagi deh ya. Hmm.. intinya, baligh itu adalah kondisi di mana kamu udah masuk ke fase ...

Berburu “Perhiasan Dunia”

  gaulislam edisi 245/tahun ke-5 (12 Sya’ban 1433 H/ 2 Juli 2012)   Banyak orang merasa senang mendapatkan perhiasan. Saya senang, kamu juga senang, semua orang pasti senang kalo dapetin segala pernik perhiasan dunia yang diinginkan: laptop, jam tangan keren, smartphone, motor, mobil, rumah dan berbagai jenis lainnya. Saya senang, kamu juga senang, semua orang pasti senang ...

“Black Metal”, Musik Setan?

gaulislam edisi 212/tahun ke-5 (18 Dzulhijjah 1432 H/ 14 November 2011)   Seorang guru yang sekolahnya langganan gaulislam mengirim pesan singkat ke nomor ponsel saya. Isinya saya copy paste apa adanya saja supaya lebih ‘alami’ ya. Hehehe.. Mau tahu pesannya? Begini: Salam..Kang, sy lg bingung sXgus Greget.. Ada slh 1 murid pr sy yg skrng ...

Ied Fitr

gaulislam edisi 201/tahun ke-4 (29 Ramadhan 1432 H/ 29 Agustus 2011)   Bikin artikel di bulan Ramadhan memang menjadi tantangan tersendiri. Selain hari serasa lebih pendek, waktu jadi mefeeet banget. Masuk lebih pagi, pulang lebih cepat, macet di jalan, buka puasa, sholat magrib, lanjutin makan babak kedua, terus sholat Isya plus Tarawih, akhirnya siap-siap tidur. ...

Jangan Matikan Ramadhan!

gaulislam edisi 198/tahun ke-4 (8 Ramadhan 1432 H/ 8 Agustus 2011)   Siap nggak sih kalo kita ngejalanin puasa di bulan Ramadhan dengan benar dan baik? Siap nggak sih kalo ibadah puasa kita dibarengi dengan amalan-amalan yang lain? Hmm… pastinya sih kudu siap ya. Sayang banget kalo sampe nggak meman-faatkan momen Ramadhan ini. Datangnya sih ...

Belajar? Asik-asik Aja Tuh!

gaulislam edisi 197/tahun ke-4 (1 Ramadhan 1432 H/ 1 Agustus 2011)   Problem anak sekolah nggak jauh dari urusan belajar. Umumnya anak sekolah pada merinding kalau mendengar kosakata belajar. Lho? Bukannya belajar adalah tugasnya? Nggak juga anak sekarang mah. Bayangan yang ada di benak adalah buku-buku pelajaran tebal, rumus yang sulit, duduk manis di depan ...
%d bloggers like this: