Menegur Teman yang Ngawur

gaulislam edisi 718/tahun ke-14 (16 Dzulhijjah 1442 H/ 26 Juli 2021) Di media sosial tak jarang kita lihat banyak orang berantem dengan kata-kata. Protes aturan pemerintah tentang ini dan itu. Ada yang sesukanya aja melontarkan kata-kata cacian dan makian dalam pro-kontra tersebut. Ironisnya, ada banyak juga yang ternyata itu masih sesama teman. Bedanya, dipisahkan oleh ...

Balada Korban PPKM

gaulislam edisi 717/tahun ke-14 (9 Dzulhijjah 1442 H/ 19 Juli 2021) Sehari menjelang Idul Adha 1442 H, yang memang biasanya kadung identik dengan qurban (selain tentunya juga identik dengan ibadah haji), kita bahas juga tema yang dekat dengan qurban. Namun, karena ada momen PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) terkait menyebarnya Covid-19, maka kita juga akan ...

Covid-19, Neraka, dan Surga

gaulislam edisi 716/tahun ke-14 (2 Dzulhijjah 1442 H/ 12 Juli 2021) Semoga kamu semua nggak kaget membaca judulnya. Ya, sebenarnya sih emang nggak perlu kaget, sih. Biasa aja, lagi. Cuma, kesan pertama karena ada tulisan “neraka” jadi rada ketar-ketir, ya. Bagus kalo gitu. Berarti takut kepada Allah karena khawatir banyak dosa lalu dimasukkan ke neraka. ...

Berpikir Positif, Deh!

gaulislam edisi 714/tahun ke-14 (18 Dzulqa’dah 1442 H/ 28 Juni 2021) Kalo zaman sekarang sih, mendengar kata “positif” langsung nyesek bin kaget dan bikin takut. Iya, pas dibilang, “kamu positif covid-19”. Waduh, pada ogah dah. Kagak ada yang mau, pengennya pas dites, ya negatif. Eh, tapi secara umum emang tergantung konteks juga, ya. Tanya dulu ...

Gaul Bebas, Idola, dan Remaja Labil

gaulislam edisi 712/tahun ke-14 (4 Dzulqa’dah 1442 H/ 14 Juni 2021) Eh, ini kok panjang bener judulnya, ya? Hehehe… bukan cuma panjang, tetapi juga jadi banyak tema. Ada tiga tema pembahasan yang mudah-mudahan nggak bikin kamu puyeng. Ini sepertinya terpisah, tetapi ada juga nyambungnya. Soal gaul bebas, ini udah nyata banget di kalangan remaja. Buktinya ...

Jangan Umbar Aibmu 1

gaulislam edisi 711/tahun ke-14 (26 Syawal 1442 H/ 7 Juni 2021) Di media sosial, banyak orang mengumbar aibnya sendiri. Kok bisa, ya? Padahal, normalnya sih kita akan menutup aib kita sendiri. Nggak perlu ada orang lain tahu tentang keburukan or kejelekan kita. Namun, zaman sudah berubah. Orang mudah terseret atau minimal terpancing untuk menceritakan banyak ...

Terbaik, Bukan Terbalik

gaulislam edisi 710/tahun ke-14 (19 Syawal 1442 H/ 31 Mei 2021) Kalo ada kata “terbalik” kok jadi inget sinetron komedi yang udah tayang sejak empat tahun lalu itu: Dunia Terbalik. Eh, tapi ini nggak bakalan ngomongin sinetron itu, kok. Nggak. Subtansinya mungkin mirip, sih. Jadi, tulisan ini sekadar ingin menceritakan bahwa banyak hal di dunia ...

Jangan Mempersulit Diri

gaulislam edisi 709/tahun ke-14 (12 Syawal 1442 H/ 24 Mei 2021) Bro en Sis rahimakumullah, akhir-akhir ini kalo diperhatikan di media sosial, kok sepertinya banyak orang yang malah mempersulit dirinya. Lho kok? Iya, hidup yang seharusnya dijalani dengan nikmat dan penuh rasa syukur, tetapi ternyata ada juga yang malah menjalaninya dengan cara mempersulit diri. Contoh ...

Al-Quds Milik Kami

gaulislam edisi 708/tahun ke-14 (5 Syawal 1442 H/ 17 Mei 2021) Semoga udah pada tahu ya, kalo ditanya al-Quds ada di mana? Ya, betul. Al-Quds yang berarti tanah-wilayah yang suci, dan sering disebut Baitul Maqdis atau Baitul Muqaddas atau Palestina. Sudah lebih dari 50 tahun dijajah oleh Zionis Israel. Akhir tahun 1990-an atau awal tahun ...

Tragedi Ramadhan 1442

gaulislam edisi 707/tahun ke-14 (28 Ramadhan 1442 H/ 10 Mei 2021) Sedih. Iya, ini kata pertama mengawali pembahasan di buletin gaulislam edisi pekan ini. Gimana nggak sedih, beberapa peristiwa bikin kita sebagai umat Islam kesal, tetapi memang harus bersabar. Kesal karena tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan perlawanan atau sekadar menuliskan pembelaan. Sabar, selain karena ...
%d bloggers like this: