Qurban, Korban, dan Dikorbankan

gaulislam edisi 666/tahun ke-13 (6 Dzulhijjah 1441 H/ 27 Juli 2020) Sobat gaulislam, alhamdulillah jumpa lagi ya di buletin kesayangan kamu edisi pekan ini. Seperti dalam judulnya, karena juga menjelang Idul Adha, temanya dicocokkan. Biar nyambung. Cuma, saya kasih judul yang agak panjang. Bukan sekadar bahas qurban (kurban), tetapi juga tentang korban dan dikorbankan. Bingung? ...

Ngaku Muslim Tapi Benci Islam

gaulislam edisi 665/tahun ke-13 (29 Dzulqaidah 1441 H/ 20 Juli 2020) Sebenarnya udah lama pengen nulis tema ini, tetapi nggak jadi-jadi aja. Baru deh, sekarang kesampaian nulis ini. Bukan tema spesial sih. Namun, perlu dibahas juga di zaman kiwari ini. Sebab, kalo yang benci ajaran Islam, pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup, ...

Biar Jomblo Asal Selamat

gaulislam edisi 664/tahun ke-13 (22 Dzulqaidah 1441 H/ 13 Juli 2020) Hadeuuuh jadi juga bahas tentang jomblo. Iya nih, masih layak jadi tema pembahasan. Selama masih ada yang pacaran, masih ada juga yang menjomblo, nggak sedikit juga yang udah ngabuburit alias ngajak buru-buru merit. Masih bagus yang ngajak merit (baca: marriage) alias nikah, daripada ngajak ...

Baru Hijrah, Boleh Dakwah

gaulislam edisi 663/tahun ke-13 (15 Dzulqaidah 1441 H/ 6 Juli 2020) Kalo ada orang yang baru masuk Islam, langsung berdakwah, itu bagus. Kalo ada orang yang baru hijrah dari kehidupan yang jauh dari hidayah Allah, boleh saja berdakwah. Tentu, menyesuaikan dengan ilmu yang dimiliki. Siapa bilang kalo dakwah harus punya banyak ilmu dulu. Nggak sih. ...

Jangan Ragu Tinggalkan Masa Lalu

gaulislam edisi 662/tahun ke-13 (8 Dzulqaidah 1441 H/ 29 Juni 2020) Bro en Sis rahimakumullah, pembaca setia gaulislam. Alhamdulillah jumpa lagi, di setiap hari Senin. Ya, ini adalah jadwal terbit buletin kesayanganmu ini setiap pekannya. Semoga ada manfaatnya. Nah, sekarang temanya agak adem dan cair alias ringan, ya. Kemarin-kemarin dituduh panas, keras, dan berat mulu, ...

Perang Abadi Antar Ideologi

gaulislamedisi 661/tahun ke-13 (1 Dzulqaidah 1441 H/ 22 Juni 2020) Aduuuuh serasa diguyur air panas (sori, lebay!). Dari edisi ke edisi temanya bikin panas ubun-ubun. Eit, sabar dulu Bro en Sis. Jangan keburu nepsong, ye. Kamu kudu belajar realistis menghadapi kenyataan hidup. Jangan ngerasa kudu nyantai akibat terlalu lama stay at home, lalu menjadi generasi rebahan ...

New Normal Bersama Islam

gaulislam edisi 660/tahun ke-13 (23 Syawal 1441 H/ 15 Juni 2020) Kayaknya kamu udah pada tahu ya istilah “new normal”? Yup, karena sejak akhir Mei lalu sudah digembar-gemborkan oleh pemerintah bahwa pandemi covid-19 akan memasuki suatu kondisi normal, hanya saja normal yang baru, new normal. Maksudnya, hidup normal setelah sebelumnya nggak normal karena pandemi: isolasi ...

Plandemic, Sebuah Konspirasi?

gaulislam edisi 659/tahun ke-13 (16 Syawal 1441 H/ 8 Juni 2020) Aduuuh temanya, lagi-lagi, berat bingitz! Hehehe… berat mana dengan bawa pasir sekarung ukuran 50 kg? Hadeuuh… sama-sama berat cuma beda kondisi. Kalo bawa karung mah berat secara fisik, kalo judul ini, kemungkinan bikin mumet pikiran. Eit, tetapi tenang aja sih. Ini belum berat banget, ...

Mengislamkan Negara

gaulislam edisi 658/tahun ke-13 (9 Syawal 1441 H/1 Juni 2020) Duh, ini judul beneran kayak gini? Bener, Bro en Sis. Kamu nggak sedang ngimpi. Kamu nyadar. Kamu juga nggak salah baca. Emang judulnya gitu, kok. Hmm.. emang berat ya? Nggak juga sih. Tergantung sudut pandang aja. Zaman sekarang udah biasa. Daripada di dunia maya, bikin ...

Takwa Tanpa Tapi

gaulislam edisi 657/tahun ke-13 (2 Syawal 1441 H/ 25 Mei 2020) Kalo kamu disuruh sama ortu, suka pake nawar nggak? Misalnya, “Mau sih ke warung beli beras ama minyak goreng pesanan ibu, tapi boleh nggak aku nambah uang jajan?” Hehehe… ada maunya. Intinya pamrih. Padahal, kalo pun kita nggak minta begitu sama ortu, kalo emang ...
%d bloggers like this: