Jualan Terorisme

gaulislam edisi 746/tahun ke-15 (6 Rajab 1443 H/ 7 Februari 2022) Masih laku juga ya jualannya? Ya, gimana lagi, ini yang sepertinya paling mudah dijual. Namun sayangnya, yang menjadi bidikan dalam kasus terorisme di negeri ini adalah umat Islam. Selalu begitu. Targetnya sih, meski terjadi pro dan kontra di kalangan umat Islam, setidaknya citra buruk ...

Transgender Keblinger

gaulislam edisi 745/tahun ke-15 (28 Jumadal Akhir 1443 H/ 31 Januari 2022) Ribut-ribut soal transgender. Pro dan kontra. Ada yang berwasiat kalo dia wafat prosesi memandikan jenazahnya adalah kondisi dia setelah ganti kelamin. Ada ulama yang menanggapi, ya harusnya prosesi pengurusan jenazahnya disesuaikan dengan sebelum operasi ganti kelamin. Kamu perlu tahu juga soal ini, ya. ...

Ashabiyah Itu Jahiliyah

gaulislam edisi 744/tahun ke-15 (21 Jumadal Akhir 1443 H/ 24 Januari 2022) Masih rame sih saling ledek bahkan saling serang dan saling lapor ke pihak berwenang. Iya, gara-gara kesukuan. Bagaimana awalnya bisa begitu? Awalnya saya coba-coba, habis itu lha kok enak (eh, kata-kata ini mah yang sempat viral di Tiktok dan Reel IG, ya?) Hahaha… ...

Merajut Asa yang Terkoyak

gaulislam edisi 743/tahun ke-15 (14 Jumadal Akhir 1443 H/ 17 Januari 2022) Apaan sih kok tiba-tiba judulnya kayak gini? Kesannya menderita banget, ya. Melow gitu deh. Kamu nggak salah kalo ada yang protes soal judulnya. Ini sengaja menulis judulnya demikian untuk buletin edisi kali ini. Hmm.. jujur aja deh. Ini tentang mereka yang putus pacaran. ...

Dibelenggu “Setan Gepeng”

gaulislam edisi 742/tahun ke-15 (7 Jumadal Akhir 1443 H/ 10 Januari 2022) Istilah ini saya pernah baca (atau dengar?) di media sosial. Entah siapa yang memulai pertama kalinya penyebutan istilah ini yang merujuk kepada penggunaan handphone yang lebih banyak mudharat-nya. Ya, bentuk ponsel atau smartphone ini memang gepeng. Sehingga ketika pemiliknya tidak menjadikan benda ini ...

Boneka Arwah Merusak Akidah

gaulislam edisi 741/tahun ke-15 (29 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 3 Januari 2022) Lagi rame nih, boneka arwah alias Spirit Doll. Sebenarnya nggak ada yang baru soal ini, tetapi karena ‘di-endorse’ banyak selebriti, jadinya viral (menurut istilah sekarang). Ivan Gunawan, Ruben Onsu, Nora Alexandra, dan Celine Evangelista adalah beberapa selebriti yang tercatat ‘mengadopsi’ boneka arwah yang ...

Habis Pesta Terbitlah Duka

gaulislam edisi 740/tahun ke-15 (22 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 27 Desember 2021) Akhir tahun masehi umumnya dirayakan masyarakat sedunia. Pesta berlangsung semalaman. Beragam alasan dalam menggelar momen pergantian tahun. Ada yang karena keyakinan, ada pula yang karena bisnis, tak sedikit yang justru sekadar ikut-ikutan. Semua jadi satu, merayakan pesta yang sebenarnya tak perlu dirayakan itu. ...

Putih adalah Putih

gaulislam edisi 739/tahun ke-15 (15 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 20 Desember 2021) Judulnya aneh nggak, sih? Mau ngomongin warna? Hmm… pengen nulis judulnya lebih panjang, cuma khawatir nggak enak dibaca. Pengennya begini judulnya: “Putih adalah putih, hitam adalah hitam. Tak akan bercampur keduanya kecuali bagi yang menginginkannya”. Tuh, panjang banget, kan? Jadi malah nggak enak ...

Malu Pada Agamamu

gaulislam edisi 738/tahun ke-15 (8 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 13 Desember 2021) Bro en Sis rahimakumullah, sebagai muslim tentu aja mestinya bangga dengan agama kita, Islam. Gimana pun juga, kalo udah memilih Islam sebagai agama kita, maka harus menunjukkan jati diri sebagai umat Islam, sebagai kaum muslimin. Kalo sampe ngaku muslim tapi perilaku jauh dari ...

Mau, Tahu, Amalkan!

gaulislam edisi 737/tahun ke-15 (1 Jumadal ‘Ula 1443 H/ 6 Desember 2021) Ada yang bilang, “sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit”. Jika itu kebaikan yang dikerjakan, alhamdulillah. Bersyukurlah. Namun, bagaimana jadinya jika yang dikerjakan sedikit demi sedikit dan lama-lama jadi bukit adalah dosa dan kesesatan? Duh, rugi berlipat-lipat itu mah. Jangan sampe deh! Bro en Sis ...
%d bloggers like this: