Merdeka? Ih, Mau Dong!

edisi 043/tahun I (16 Sya’ban 1429 H/18 Agustus 2008 ) Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan, katanya. Upaya untuk memperingati pun dilakukan dengan berbagai cara mulai dari lomba makan kerupuk hingga panjat pinang dan tangkap belut. Di setiap sudut kota, kampung dan desa dihias sedemikian rupa dengan warna dominan merah dan putih sebagai ...

Remaja ‘Gajah’

edisi 042/tahun I (9 Sya’ban 1429 H/11 Agustus 2008) Huss, ini bukan lagi ngomongin remaja yang kena penyakit kaki gajah. Juga bukan ngomongin remaja yang jadi pawang gajah, apalagi pemakan daging gajah (hiii…!). Tapi yang mau kita omongin di sini ialah remaja yang gajah alias gagap sejarah. Apaan tuh? Yoi, kamu udah sering denger istilah ...

Sadisme di Sekitar Kita

edisi 041/tahun I (2 Sya’ban 1429 H/4 Agustus 2008) Kamu masih inget kan dengan berita pembunuhan berantai yang dilakukan seorang pria bernama Ryan? Korban kekejaman pemuda asal Jawa Timur itu udah menghiasi headline harian nasional dan daerah. Soalnya, jumlah korban yang diduga kuat dibunuh sama Ryan ini mencapai 10 orang. Malah, ada korban yang sampe ...

Jadi Senior Jangan ‘Diktator’

edisi 040/tahun I (25 Rajab 1429 H/28 Juli 2008) Bro, kalo menurut Kamus Bahasa Indonesia sih, istilah diktator itu adalah kepala pemerintahan yang mempunyai kekuasaan mutlak. Ciri-cirinya antikritik. Anti perubahan, wis pengen gayanya sendiri gitu lho. Nah, kenapa dalam judul tulisan ini diberi tanda petik: ?diktator’? Karena bukan arti sesungguhnya sebagai kepala pemerintahan. Tapi bisa ...

MOS Tanpa Plonco? Bisa Kok!

edisi 039/tahun I (18 Rajab 1429 H/21 Juli 200 8) Tahun ajaran baru gini, biasanya musim apaan sih? Yup, pasti musim MOS alias Masa Orientasi Siswa. Hari-hari perdana para pelajar memasuki sebuah lingkungan sekolah baru (SMP dan SMA) diharuskan mengikuti program MOS yang biasanya di-handle ama kakak kelasnya. Berbagai peraturan pun diterapkan, mulai dari membawa ...

Remaja Dikepung ‘Hantu’

edisi 038/tahun I (11 Rajab 1429 H/14 Juli 2008) Eit, bukan maksudnya remaja dikepung hantu betulan, tapi dikepung film-film hantu. Sebut saja di Planet Hollywood, pertengahan November 2006, menjelma menjadi Planet Hantu. Pemutaran perdana film Bangku Kosong diisi dengan belasan remaja berseragam sekolah yang berambut acak-acakan dan dengan?celak tebal. Mereka memasang wajah yang bermaksud seram, ...

Lulus Sekolah, Lalu Ngapain?

edisi 037/tahun I (4 Rajab 1429 H/7 Juli 2008) Tahun ajaran baru segera dimulai. Tahun ajaran lama udah kita tinggalin. Bagi kamu yang masih tercatat sebagai siswa sih tentunya berharap tahun ajaran baru ini membawa perubahan baru. Tentu ke arah yang lebih baik. Tapi buat kamu yang udah lulus SMA dan nggak nerusin ke jenjang ...

Muslimah Hebat Dambaan Umat

edisi 036/tahun I (26 Jumadits Tsaaniy 1429 H/30 Juni 2008) Menjadi perempuan adalah anugrah. Menjadi perempuan yang beriman dan berislam, itu jauh lebih indah lagi. Mau tahu kenapa? Karena menjadi perempuan muslimah itu merupakan sebuah berkah yang tidak dialami oleh semua perempuan di dunia. Dan berkah ini akan menjadi lebih sempurna ketika sebagai muslimah, kita ...

Cewek Tapi Preman

edisi 035/tahun I (19 Jumadits Tsaaniy 1429 H/23 Juni 2008) Do you know Gang Nero? Yup, kelompok gank anak cewek ini ngedadak jadi terkenal gara-gara rekaman video berisi aksi mereka “mempermak” sesama anak cewek tersebar luas di internet dan juga ditayangkan di beberapa stasiun televisi. Kalo celana jeans dipermak, jadi bagus. Lha, kalo wajah orang ...

Beragama Kok Bebas?

edisi 034/tahun I (12 Jumadits Tsaaniy 1429 H/16 Juni 2008) Jamaah Ahmadiyah masih bisa senyam-senyum. Pasalnya mereka lagi di atas angin. Setelah kasus Monas, justru umat Islam yang menuntut pembubaran Ahmadiyah jadi terdakwa. Bukan cuma itu, umat Islam juga malah berantem sendiri di berbagai daerah. Ini semua terjadi atas nama kebebasan berkeyakinan dan beragama. Menurut ...
%d bloggers like this: