“Kritik Aku, Kau Kutangkap!”

gaulislam edisi 695/tahun ke-14 (3 Rajab 1442 H/ 15 Februari 2021) Aduh, judul edisi pekan ini kok jadi malah mengingatkan pada film jadul (tahun 1985), “Kejarlah Daku Kau Kutangkap”. Idih, ketahuan udah udzur nih yang nulis. Hehe… nggak juga sih. Tahun segitu, saya baru kelas 5 SD. Cuma, karena acara FFI alias Festival Film Indonesia ...

Cinta Dunia Takut Corona?

gaulislam edisi 694/tahun ke-14 (26 Jumadil Akhir 1442 H/ 8 Februari 2021) Coronavirus (Covid-19) hampir mau ulang tahun keberadaannya di negeri kita. Sejak diumumkan awal Maret 2020 lalu, berarti sejak saat itu hingga sekarang—yang tanda-tandanya belum akan segera berakhir—kita hidup di masa wabah. Kerasa banget kan dibatasi di mana-mana. Nggak boleh bikin kerumunan, kalo perlu ...

Udah Gede, Jangan Main Mulu!

gaulislam edisi 693/tahun ke-14 (19 Jumadil Akhir 1442 H/ 1 Februari 2021) Pekan ini buletin kesayangan kamu akan bahas tema yang ringan, namun insya Allah isinya tetap bermanfaat bikin kamu taat syariat, bangga jadi muslim, dan berusaha menjadi pejuang Islam. Semoga. Oya, judulnya mudah dipahami. Jadi nggak perlu dijelaskan, ya. Sebelum membaca lebih lanjut sampai ...

Antara Ujian, Azab, dan Istidraj

gaulislam edisi 692/tahun ke-14 (12 Jumadil Akhir 1442 H/ 25 Januari 2021) Duh, ngeri bener ya bahas model ginian. Apa nggak ada tema lain yang asyik buat dibahas? Misal soal makanan, tentang hiburan, atau bahas asyiknya pergaulan. Ehm… tema ini asyik juga kok. Sebab, insya Allah kamu bisa tahu perbedaan antara ujian, azab, dan istidraj. ...

Kita dan Ulama

gaulislam edisi 691/tahun ke-14 (5 Jumadil Akhir 1442 H/ 18 Januari 2021) Tanggal 14 Januari 2021 lalu, Syekh Ali Jaber wafat. Banyak orang kehilangan, bukan saja keluarganya, tetapi juga para jamaah beliau, bahkan kaum muslimin secara umum. Beliau sering mendakwahkan tentang al-Quran. Pentingnya kaum muslimin selalu bersama al-Quran. Ulama yang hafal al-Quran ini sangat populer ...

“Bukan Urusan Gue”

gaulislam edisi 690/tahun ke-14 (27 Jumadil Awwal 1442 H/ 11 Januari 2021) Sebenarnya ini versi lain dari pernyataan: “Emang Gue Pikirin?”. Sama-sama egois. Dulu pernah sih menulis yang versi “Emang Gue Pikirin?”, bahkan diperluas lagi menjadi buku kecil. Itu tahun 2005-an kayaknya (dih, penulisnya sendiri sampe nggak yakin gini ya?). Egois? Eh, tapi tunggu dulu. ...

Salah Dibela, Benar Dicela

gaulislam edisi 689/tahun ke-14 (20 Jumadil Awwal 1442 H/ 4 Januari 2021) Bagi kamu yang ngikutin timeline media sosial, termasuk di dalammya berita di media massa, bahkan mungkin acara infotainment di televisi dan gosip di media sosial, pasti deh nemuin kasus yang lagi heboh jadi perbincangan. Ya, seorang selebritis (nggak perlu disebutkan namanya, ya) yang ...

Menggenggam Bara Api

gaulislam edisi 688/tahun ke-14 (13 Jumadil Awwal 1442 H/ 28 Desember 2020) Jangankan menggenggam bara api, kena percikan api saat bakar sate aja bilang “aduh”. Pernah kamu menggenggam bara api? Kalo saya belum pernah. Udah kebayang sih gimana panasnya. Udah kebayang juga gimana kulit telapak tangan bakal melepuh. Luka. Perih. Kalo udah tahu risikonya begitu, ...

Korupsi Jadi Tradisi

gaulislam edisi 687/tahun ke-14 (6 Jumadil Awwal 1442 H/ 21 Desember 2020) Sebentar, kok gaulislam bahas tema gini, sih? Eh, emang nggak boleh? Remaja perlu tahu juga lho soal beginian. Gimana pun juga korupsi itu perbuatan asuberdiri, eh, asusila. Ini ada di semua level. Dari yang ecek-ecek bin receh sampai yang jumlah duitnya bikin tenggorokan ...

Cahaya Islam Tak Akan Padam

gaulislam edisi 686/tahun ke-14 (29 Rabiul Akhir 1442 H/ 14 Desember 2020) Alhamdulillah jumpa lagi bersama buletin kesayangan kamu ini. Ya, gaulislam insya Allah akan hadir setiap pekan untuk menemani kamu belajar Islam. Belajar dengan mudah dan murah (eh, iya kan, tinggal baca nggak usah beli). Mudah karena tinggal klik di website-nya, mudah juga secara ...
%d bloggers like this: