Adab dan Ilmu

gaulislam edisi 761/tahun ke-15 (22 Syawal 1443 H/ 23 Mei 2022) Sering banget ini diobrolin, bahkan dibahas sampe berbusa-busa. Why? Sebab, ini penting, tetapi sering pula terlupa. Idealnya memang adab mulia, ilmu tinggi. Namun, yang sering terjadi, ilmunya mumpuni tetapi adabnya minim, bahkan lost adab. Bahaya. Belum lama rame banget netizen mengomentari video yang beredar ...

Bebas, Lalu Bablas?

gaulislam edisi 760/tahun ke-15 (15 Syawal 1443 H/ 16 Mei 2022) Banyak orang kalo udah ngerasa bebas, jadi lupa diri. Melakukan kesalahan jadi biasa. Awalnya malu dan ragu, tetapi karena tak ada yang melarang jadi keterusan, merasa dibiarkan dan itu berarti boleh menurut hawa nafsunya. Awalnya ada yang dikasih kelonggaran malah jadi nyantai, bahkan melakukan ...

Maksiat Mengundang Laknat

gaulislam edisi 759/tahun ke-15 (8 Syawal 1443 H/ 9 Mei 2022) Umat Islam udah banyak yang jauh dari ajarannya sendiri. Ngaku muslim tapi tak islami kehidupannya. Menjauhkan diri dari al-Quran, nggak mau baca al-Quran (apalagi memahami dan mengamalkannya). Kok bisa? Sebabnya, karena udah diinstal virus sekular. Memisahkan antara agama dengan kehidupan. Agama cuma dibatasi seputar ...

Terhalang dari Kebaikan

gaulislam edisi 757/tahun ke-15 (24 Ramadhan 1443 H/ 25 April 2022) Rugi banget sih kalo kita punya kesempatan yang malah kita sia-siakan karena nggak diambil atau nggak dimanfaatkan. Padahal, kesempatan itu belum tentu datang untuk kedua kalinya. Waktu luang ada, sehat pula. Namun, tak mengambil kesempatan di depan mata. Kita biarkan berlalu begitu saja. Nanti ...

Dekatlah dengan al-Quran

gaulislam edisi 756/tahun ke-15 (17 Ramadhan 1443 H/ 18 April 2022) Kalo deketan itu biasanya jadi tahu, jadi paham, jadi cinta. Ketika kita berteman dengan seseorang, maka kita akan berusaha mendekatinya, lalu bisa tahu tentang dia, bisa memahami apa yang dia mau, bisa percaya, dan bisa tumbuh rasa cinta. Begitu biasanya. Walau, tentu ada batasan ...

Salah Kaprah Sedekah

gaulislam edisi 755/tahun ke-15 (10 Ramadhan 1443 H/ 11 April 2022) Sedekah itu kudu ikhlas. Tanpa ada maksud tersembunyi, apalagi demi keuntungan pribadi. Ikhlas tanpa pamrih. Nggak boleh juga seseorang dipaksa kudu sedekah. Itu sebabnya, edukasi agar orang mau sedekah jelas diperlukan. Namun, jangan juga kemudian ‘menghipnotis’ atau bikin malu orang yang diminta sedekah. Jangan ...

Sesal Tiada Guna

gaulislam edisi 754/tahun ke-15 (3 Ramadhan 1443 H/ 4 April 2022) Pernah tertinggal kereta atau pesawat? Celakanya, itu karena sebenarnya udah bisa diprediksi, tetapi kita nyantai atau ada urusan dengan pihak ketiga sehingga kejadiannya bikin nyesel. Namun, penyesalan pada kondisi kayak gitu, nggak ada artinya alias sia-sia bin tiada guna. Kereta tetap berjalan meninggalkan kita yang ...

Terang atau Gelap?

gaulislam edisi 752/tahun ke-15 (18 Sya’ban 1443 H/ 21 Maret 2022) Semua pilihan ada di tangan kita. Namun, harus diingat bahwa pilihan tersebut ada konsekuensinya. Pilih terang atau gelap? Eh, ini pertanyaannya untuk apa sih, konteksnya apa? O iya. Belum jelas, ya. Ini konteksnya tentang kehidupan, bisa juga tentang ilmu. Hidup di zaman kegelapan (jahiliyah), ...

Umat Islam Hari Ini

gaulislam edisi 749/tahun ke-15 (27 Rajab 1443 H/ 28 Februari 2022) Ini tentang kondisi kita, kaum muslimin. Termasuk kamu para remaja muslim. Suka atau duka, kitalah hari ini. Hari di mana kita harus mengakui apa yang menjadi ‘nasib’ kita. Apa adanya aja, sih. Why? Supaya kita bisa memperbaiki keadaan ini. Bukan malah “kapalang jeblog” alias ...

Saatnya Jangan Ngalah

gaulislam edisi 748/tahun ke-15 (20 Rajab 1443 H/ 21 Februari 2022) Ada pepatah yang cukup masyhur ketika menghadapi orang yang bodoh tapi sok tahu en ngotot pula, “yang waras ngalah”. Intinya, kalo menghadapi orang yang bodoh, seperti ngadepin orang nggak waras. Jadi, supaya nggak jadi ribut, ya udah yang waras ngalah alias mengalah. Nggak apa-apa, ...
%d bloggers like this: